Nasional

Berikut Daftar Produk Prancis yang Terkena Imbas Aksi “Boikot Produk Prancis”

JBerita.com – Akibat pernyataan kontroversi Presiden Prancis, Emmanuel Macron, beberapa produk Prancis di boikot oleh umat Islam. Mulai dari produk otomotif, Fashion, Makanan, Supermarket hingga produk kecantikan. Tagar #boycottfranceproducts atau boikot produk Prancis kini menggema di media sosial.

Hal ini nampak terlihat dari cuitan-cuitan netizen di media sosial. Mereka ramai-ramai menyerukan untuk memboikot produk-produk buatan Prancis. Bahkan terbaru MUI juga mengecam dan menyerukan untuk memboikot produk-produk Prancis yang ada di Indonesia hingga Macron meminta maaf atas tindakan dan pernyataannya itu.

Sebagaimana diketahui, Macron mengeluarkan pernyataan kontroversi jika Islam sedang berada dalam krisis. Ditambah lagi sikapnya yang mendukung salah satu majalah terkenal di Prancis, Charlie Hebdo yang memuat dan menyebarkan karikatur Nabi Muhammad.

Padahal hal tersebut merupakah hal tabu dan sangat dilarang dalam agama Islam. Namun, Macron berdalih jika karikatur tersebut merupakan bentuk dari kebebasan berekspresi.

Karena pernyataan Presiden Prancis yang melukai umat Islam diseluruh dunia, kini gelombang aksi boikot produk Prancis menggema di dunia. Mulai dari demonstrasi penolakan hingga cuitan-cuitan netizen yang menyerukan untuk memboikot produk-produk Prancis, tak terkecuali di Indonesia.

Tidak sedikit netizen yang bertanya daftar produk Prancis yang di jual di Indonesia. Berikut adalah daftar produk Prancis yang di boikot di negara-negara Islam mengutip dari Suara.

Daftar Produk Prancis yang di boikot umat Islam.
Daftar Produk Prancis yang di boikot umat Islam.

Daftar Produk Prancis

1. Produk Otomotif

Aksi boikot produk Prancis berimbas kepada dua produsen otomotif asal Prancis yaitu Renault dan Peugeot. Terutama di Turki. Renault sangat sukses dan masuk dalam daftar mobil terlaris di Turki. Sementara, pemimpin Turki, Recep Tayyip Erdogan merupakan orang yang paling menentang keras pernyataan dan tindakan dari Presiden Prancis. Aksi boikot Produk prancis, tentu berimbas kepada dua produsen otomotif Prancis tersebut.

2. Produk Fashion

Tidak saja di dunia, brand Fashion mewah dari Prancis seperti Louis Vuitton, Cartier, Yves Saint Laurent, Chanel, dan Dior ada di pasaran Indonesia. Produk fashion asal Prancis ini bakalan ikut kena imbas aksi boikot.

3. Supermarket

Selain produk fashion, jaringan supermarket asal Prancis, Carrefour juga menjadi sasaran aksi boikot di sejumlah negara Timur Tengah, seperti Arab Saudi akibat pernyataan Macron tentang Islam. Selain Arab Saudi, Carefour juga masuk kedalam salah satu brand asal Prancis yang diboikot di Turki. Saat ini, kampanye bagi konsumen untuk menjauh dari toko Carrefour sedang tren di media sosial.

4. Produk Makanan

Kementerian luar negeri Prancis mengatakan telah ada seruan untuk memboikot Produk makanan asal Prancis, seperti Kiri, President, La Vache Qui Rit, dan Kraft, di beberapa negara Timur Tengah. Di Kuwait, dewan direksi Al-Naeem Cooperative Society juga memutuskan untuk menarik semua produk Prancis dari supermarket di negara tersebut. Sementara di Qatar, perusahaan Wajbah Dairy mengumumkan untuk memboikot produk Prancis sampai pemberitahuan lebih lanjut.

5. Produk Kecantikan

Prancis terkenal dengan sejumlah produk kecantikan yang sudah mendunia. Namun di Kuwait, sejumlah brand kecantikan asal Prancis, seperti L’Oreal, Garnier, Lancome, dan Yves Rocher beberapa waktu lalu sudah tidak dapat ditemukan di pusat perbelanjaan. Sementara itu di Yordania, display produk L’Oreal kini telah ditutupi kain lengkap dengan keterangan singkat yang berbunyi “Sebagai solidaritas dengan Nabi Muhammad SAW, semua produk Prancis telah diboikot.”

Itulah daftar produk Prancis yang di boikot akibat pernyataan Presiden Prancis, Emmanuel Macron yang dianggap menghina umat Islam dunia.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
error: Content is protected !!