Kesehatan

Bahaya Dibalik Olahan Santan yang Menggoda

Kolak pisang ini memang cocok dengan namanya. Manis dan legitnya sangat pas untuk sajian berbuka puasa. Karena begitu enaknya biasanya sering kali olahan santan ini dipanasi berulang-ulang, dengan alasan semakin sering dipanasi, semakin nikmat terasanya.

santan yang dipanaskan berulang–ulang mengakibatkan kandungan gizi dan vitaminnya berkurang. Selain itu, pemanasan berulang mengakibatkan lemak berubah. Lemak dari perasan daging kelapa yang diparut seharusnya menyehatkan, menjadi tidak bersahabat dengan tubuh. Karena meningkatkan kolesterol LDL (low density lipoprotein).

Kolesterol LDL merupakan kolesterol jahat berlebihan dapat mengendap di dinding pembuluh darah. Sehingga mengakibatkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah atau disebut dengan aterosklerosis, terbentuknya plak di dinding pembuluh darah.

Saat penyempitan dan pengerasan ini terjadi terus-menerus, ini dapat mengakibatkan Gagal Jantung, dimana hal ini dapat terjadi suplai darah ke otot jantung tidak cukup. Sehingga dapat menimbulkan rasa sakit atau nyeri dada, yang bila berlanjut menjadi kematian akibat gangguan jaringan otot jantung. Jika gejala tersebut menyebar luas, dan sumbatan ini menyerang pembuluh darah otak maka dapat menyebabkan Stroke. Dan ini adalah penyakit kritis yang sangat berbahaya dan mematikan.

Legit Menggodanya Kolak Pisang
Legit Menggodanya Kolak Pisang (resepkoe.com)

Santan kelapa manfaatnya sangat banyak. Namun, konsumsi yang berlebihan sangat tidak dianjurkan. Mengingat kandungan lemak yang tinggi dalam santan kelapa.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Bahaya Dibalik Olahan Santan yang Menggoda". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!