Nasional

Muara Enim, Bebaskan 6 Pasien Gangguan Jiwa

MUARA ENIM – Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di wilayah Kabupaten Muara Enim makin berkurang. Namun, tidak menutup kemungkinan timbulnya ODGJ yang baru. Sebab, tingkat stres dan depresi di kalangan penduduk masih bisa timbul tanpa bisa diprediksi, terutama karena faktor ekonomi.

Menurut dr Refresia Yovalina, dokter yang menangani pasien ODGJ di Puskesmas Teluk Lubuk, Kecamatan Belimbing, belum lama ini pihaknya sudah membebaskan 6 pasien ODGJ.

“Rata-rata pasien ODGJ ini dipasung oleh pihak keluarga dengan alasan karena sering mengamuk dan membuat keresahan,”ujar dr Refresia, saat memaparkan program inovasi daerah bidang kesehatan di Gedung Kesenian, Kamis (19/11).

Menurutnya, kebanyakan keluarga ODGJ tidak melapor ke dokter atau bidan setempat. Bahkan, temuan pihaknya, ada ODGJ yang sempat dipasung di lokasi terpencil seperti di dalam hutan. “Kita imbau pada keluarga ODGJ untuk melapor supaya pasien cepat diobati,”terangnya.

Dengan begitu, penanganannya bisa dialihkan ke bidan desa dan tim kesehatan jiwa dengan meibatkan kader-kader desa.

“Alhamdulillah, baru-baru ini kami sudah membebaskan 6 pasien ODGJ dari pemasungan. Jadi pasien bisa diobati, kami sendiri yang datang ke rumah pasien, dan memberikan pengobatan secara medis,”jelasnya.

Petugas kesehatan Puskesmas Teluk Lubuk sudah mengidentifikasi pasien ODGJ di Desa Darmo dan Desa Tanjung di Kecamatan Belimbing.

“Program inovasi daerah yang kita lakukan dengan membebaskan pemasungan ini disambut dan didukung oleh camat dan stakeholder terkait,”jelasnya.

Bupati Muara Enim Ir Muzakir Sai Sohar saat meninjau stan inovasi daerah
Bupati Muara Enim Ir Muzakir Sai Sohar saat meninjau stan inovasi daerah

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar mengapresiasi program inovasi yang dilakukan dokter dari Puskesmas Teluk Lubuk ini.

“Kita punya 79 inovasi daerah yang ditampilkan SKPD di Muara Enim. Salah satunya programnya, tahun 2018 Kabupaten Muara Enim bebas dari pemasungan,”tukas Muzakir.

Dalam program inovasi daerah tersebut, dalam rangka menyambut HUT Pemkab Muara Enim. Ditampilkan pula sebanyak 40 stan produk makanan inovasi daerah dari 16 kabupaten/kota di Sumsel. Semua SKPD Muara Enim juga menampilkan produk andalannya. (amr)

Topik
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

DISKUSI dan KOMENTAR

Back to top button
error: Content is protected !!
Close