Ekonomi Bisnis

Menko Perekonomian: Harga Pangan Tinggi Sebabkan Inflasi

Jakarta – Menurut Menteri Perekonomian Darmin Nasution, adanya kenaikan harga pangan di pasaran akan sangat berdampak pada nilai inflasi yang ada. Apabila harga pangan naik, maka inflasi yang terjadi pun akan semakin besar pula. Dalam penjelasannya pada wawancara yang dilakukan di kantor Kemenko Perekonomian Rabu lalu (23/12/2015), mantan Gubernur BI inipun menjelaskan bahwa inflasi yang terjadi mungkin bisa saja cukup besar apalagi dipengaruhi oleh adanya kenaikan bahan pangan di akhir tahun.

Jadi, sukses tidaknya pemerintah dalam menjaga inflasi yang telah direncanakan dalam APBN-P tahun 2015 sekitar 4% plus minus 1% sangat bergantung pada harga pangan yang ada di akhir tahun. Apabila harga pangan yang ada stabil, maka inflasi pun akan stabil.

Menko Perekonomian Darmin Nasution
Menko Perekonomian Darmin Nasution.

“Saat ini, inflasi inti atau core inflasi masih tergolong datar karena masih pada angka 4% sampai dengan 4,5%. Pada intinya, kenaikan inflasi tergantung pada pangan,” terang Menteri Darmin.

Lanjutnya, mantan Dirjen Pajak ini pun mengungkapkan bahwa ada faktor lain yang sangat berpengaruh pada naik tidaknya inflasi pada akhir tahun ini. Salah satunya ialah BBM yang termasuk dalam barang yang diatur oleh pemerintah. Seperti yang telah diketahui bahwa BBM ini merupakan barang yang sangat penting bagi berjalannya roda perekonomian. Maka, akan ada banyak barang yang harganya pun sangat bergantung pada tinggi rendahnya harga BBM. Jadi, tak heran apabila BBM menjadi salah satu faktor penentu naik tidaknya inflasi yang ada.

Dalam hal ini, rencana penurunan BBM yang akan dilakukan pemerintah sangat disambut dengan baik oleh Menteri Perekonomian ini. Pasalnya, dengan turunnya harga BBM, maka harga jual bahan pangan dapat dikendalikan, tidak akan melonjak begitu tinggi.

Ungkap Menteri Darmin, turunnya harga BBM pun akan menjaga daya beli masyarakat sehingga nantinya inflasi akan semakin stabil.

Untuk itu, Menteri Perekonomian Darmin berharap bahwa pemerintah harus tetap menjaga harga pangan agar tidak melonjak terlalu tinggi karena hal tersebut akan sangat berpengaruh pada kenaikan inflasi.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Menko Perekonomian: Harga Pangan Tinggi Sebabkan Inflasi". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!