Nasional

Damsid: Nilai Rata-Rata UN SMP Dan Sederajat Anjlok 30 %

Ilustrasi
Ilustrasi.

JBerita.com – Nilai Rata-rata Ujian Nasional SMP & sederajat untuk tahun 2015/2016 ternyata mengalami penurunan bila dibandingkan dengan hasil yang diperoleh tahun ajaran sebelumnya. Kenyataan ini bisa dilihat salah satunya dari hasil UN SMP di provinsi Sulawesi Tenggara.

Seperti diberitakan Antara, kepala Dikbud Sulawesi utara, Damsid, mengatakan “Jika dibuat rata-rata, hasil UN  SMP tahun ajaran ini mengalami penurunan. Namun sudah tidak ada lagi lulus dan tidak lulus. Yang kita lihat adalah apakah nilai seorang siswa itu tuntas atau tidak tuntas”

Damsid juga mengatakan bahwa UN SMP sederajat yang berpredikat tidak tuntas pada tahun ajaran ini mencapai 30 persen. Total perserta yang ada mencapa 46.245 orang. Kemdikbud menentukan nilai standar UN  tahun ini adalah 5,5.

“Untung sudah tidak ada lagi predikat lulus dan tidak lulus dari pemerintah pusat,” Ungkap Damsid.

Menurutnya bila masih menggunakan standar nilai kelulusan, maka yang terjadi adalah banyak siswa dan siswi SMP di Sulawesi Utara tidak lulus bahkan angkanya bisa mencapai 30 % dari peserta yang ada. “Tapi yang jelas semua harus lulus karena standarisasi itu sudah tidak ada lagi,” Ungkapnya.

Damsid sendiri mengaku amat prihatin dengan nilai rata-rata SMA sederajat yang mengalami penurunan. Ini sama saja penurunan kualitas pendidkan terjadi di tingkat SMP. Dan tentu saja perbaikan dan evaluasi diperlukan agar semua bisa diubah menjadi lebih baik.

“Kami sendiri belum mengetahui penyebab dari turunnya nilai rata-rata UN SMP di Sulawesi Utara namun kami akan melakukan penelitian sehingga perbaikan yang diperlukan bisa dilakukan untuk nilai yang lebih tinggi di masa yang akan datang,” Tambah Damsid.

Dari kenyataan yang ada tentu saja berbagai evaluasi diperlukan agar kualitas pendidikan tingkat SMP bisa diperbaiki. Hal ini menjadi tanggung jawab Kemendikbud untuk terus memperbaiki sistem pendidikan agar apa yang didapatkan siswa adalah yang terbaik.

Namun, kesadaran siswa pun diperlukan agar semua sistem pendidikan berjalan dengan baik. Percuma Kemendikbud melakukan perubahan tapi siswa sendiri tidak sadar bahwa penting menjadi pelajar yang baik agar bisa mendapatkan yang semestinya.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Damsid: Nilai Rata-Rata UN SMP Dan Sederajat Anjlok 30 %". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!