Kesehatan

Bersyukur, Cara Mudah Tingkatkan Kesehatan Jantung Anda

Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa bersyukur mampu untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan adanya sikap positif yang dinilai mampu mengurangi depresi. Orang yang sering bersyukur juga menandakan bahwa dia bahagia dengan hidupnya serta bahagia dengan apa yang dia miliki.

Pernyataan senada diungkapkan oleh Paul Mills selaku professor di bidang kedokteran keluarga serta kesehatan masyarakat dari Universitas California. Menurut Mills, membangun sikap mental yang baik dengan banyak bersyukur bisa mengurangi stress, depresi serta kecemasan di mana ketiganya mampu meningkatkan resiko atas penyakit jantung.

Diwartakan oleh Health, Mills sebelumnya telah melakukan serangkaian penelitian terkait hubungan antara kesehatan jantung dengan perilaku baik. Penelitian ini melibatkan seratus delapan puluh enam wanita dan pria berusia enam puluh enam tahun. Usia tersebut dipilih karena dinilai telah cukup memiliki pengalaman dalam kehidupan.

Senyum, adalah bentuk bersyukur paling Sederhana. (huffingtonpost)
Senyum, adalah bentuk bersyukur paling Sederhana. (huffingtonpost)

Awalnya semua responden diminta untuk mengisi sebuah kuesioner yang isinya antara lain adalah mengenai rasa syukur yang mereka miliki terhadap orang lain, tempat tinggal serta keseluruhan kehidupan yang telah dijalani. Hasil penelitian menunjukkan adanya suatu tingkat inflamasi yang rendah pada partisipan dengan sikap syukur lebih banyak.

Tingkat inflamasi yang rendah sendiri merupakan pertanda bahwa jantung memiliki kesehatan yang lebih baik. Mills kemudian melakukan penelitannya dengan melakukan pengujian pada empat puluh orang pasien dengan penyakit jantung untuk mencatat irama serta peradangan jantung. Kemudian, pasien diminta untuk menuliskan dua hal yang disyukurinya selama seminggu.

Responden juga menuliskan apa saja yang mereka miliki, mulai dari pasangan, anak, pekerjaan hingga hewan peliharaan. Dua bulan kemudian Mills menguji ulang para partisipan, dan diketahui bahwa kegiatan menulis tersebut mampu memperbaiki irama jantung dan mengurangi peradangan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, Mills mengimbau agar hendaknya kita berfokus pada apa yang kita miliki, bukan apa yang kita tidak miliki. Hal ini, menurut Mills, akan sangat membantu seseorang untuk lebih merasa bersyukur serta membuat jantung menjadi lebih sehat. Selain itu, rasa syukur juga bisa membantu dalam mengelola emosi.

Topik
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

DISKUSI dan KOMENTAR

Back to top button
error: Content is protected !!
Close