Internet dan Sains

Ilmuwan: Rotasi Bumi Melambat Akibat Es Kutub Utara Mencair

Pencairan es sebagai akibat dari adanya pemanasan global telah menyebabkan rotasi Bumi menjadi lebih lambat dari sebelumnya. Fakta mengejutkan ini diungkapkan oleh para ilmuwan dari Harvard University, Amerika Serikat. Ahli geofisika Jerry Mitrovica mengungkapkan hal ini seperti dilansir dari Reuters pada Minggu (13/12/2015).

Hal ini dikarenakan letak gletser berada di daerah lintang tinggi. Sehingga ketika meleleh maka es akan mendistribusi air secara ulang dari lintang yang tinggi menuju ke lintang yang lebih rendah. Hal ini seperti seorang peselancar yang tangannya digerakkan menjauhi tubuh. Aksi yang sama akan memperlambat rotasi Bumi, terang Mitrovica.

Rotasi Bumi Melambat Akibat Es Kutub Utara Mencair
Ilustrasi : Rotasi Bumi Melambat Akibat Es Kutub Utara Mencair.

Kekuatan yang mendorong perubahan pada rotasi Bumi diukur menggunakan satelit serta metode astronomi. Hal ini dilihat dari kenaikan permukaan pada air laut sebagai akibat dari air yang muncul akibat pencairan gletser. Pergerakan air serta es ini juga akan menyebabkan poros Bumi berpindah sedikit. Fenomena ini dikenal pula dengan sebutan polar wander.

Mitrovica memberikan ilustrasi berupa seorang peselancar di mana peselancar tersebut tidak menjaga kedua lengannya secara lurus, akan tetapi membiarkan kedua tangannya pada suatu sudut tertentu. Orang ini hanya akan bergerak secara maju dan mundur. Dikatakan oleh Mitrovica bahwa hal yang persis sama juga terjadi pada pergerakan kedua kutub.

Penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal Sciences Advance, yakni sebuah jurnal yang khusus melakukan pembedahan perubahan rotasi Bumi serta poros Bumi dilihat dari kenaikan permukaan pada air laut akibat kenaikan suhu di abad ke-20. Pencairan es telah menyebabkan kenaikan pada air laut dan memindah poros rotasi Bumi sejauh satu sentimeter dalam satu tahun.

Pencairan ini juga memperlambat laju rotasi Bumi serta menambah waktu pada siang hari menjadi seperseribu detik pada abad ke-20. Walau angka kenaikannya kecil, namun hal ini telah mengakibatkan perubahan iklim meskipun tidak membahayakan kondisi Bumi. Diungkapkan pula jika terjadi pencairan es di kutub dalam jumlah besar di abad ini, maka dampak yang dihasilkan terhadap rotasi Bumi bisa meningkat.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Ilmuwan: Rotasi Bumi Melambat Akibat Es Kutub Utara Mencair". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!