Nasional

Kapolres: Pengamanan Gudang Bahan Peledak PTBA Sesuai Standar

MUARA ENIM – Kewaspadaan tinggi terhadap ancaman aksi terorisme terus dilakukan Polres Muara Enim. Setelah sebelumnya siaga satu dengan razia kendaraan yang melintas, Senin (18/1) Polres melakukan pengecekan secara langsung ke gudang bahan peledak (Handak) mlik PT Bukit Asam (PT BA), di Kecamatan Lawang Kidul.

Kapolres Muara Enim AKBP Nuryanto SIK MSi didampingi Kabag Ops Kompol Andi Kumara melalui Kasubag Humas Iptu Arsyad mengatakan, pengecekan gudang bahan peledak ini dalam rangka menindaklanjuti adanya informasi tentang bahan peledak yang hilang di Provinsi Riau serta peledakan bom bunuh diri di Kawasan Thamrin Jakarta.

“Dari hasil pengecekan, pengamanan gudang bahan peledak milik PTBA sudah sesuai dengan Perkap No.02 Tahun 2008 tentang Pamwas Handak,” ujar Iptu Arsyad.

Secara rinci, Gudang Handak dijaga oleh dua orang Security dibantu oleh anggota Polsek Lawang Kidul selama 1×24 jam. Bangunan Gudang Handak Permanen tersebut dikelilingi pagar kawat, memiliki penerangan berupa lima buah lampu sorot, dan kamera CCTV yang dapat dimonitor dari kantor Security Pusat, alat komunikasi yang digunakan berupa HT, masing-masing kunci gudang bahan peledak terdapat tiga gembok dan masing-masing dipegang oleh kepala gudang, security dan anggota Polri. Terdapat juga alarm pengamanan apabila bersifat urgent.

Ilustrasi Bahan peledak
Ilustrasi Bahan peledak.

“Kami menyarankan PT BA untuk melakukan penambahan security terutama pada malam hari dan menyarankan memasang alarm panic button yang berkoneksi ke Polsek dan Kantor Pusat,” jelasnya.

Sekretaris PT BA Joko Pramono mengatakan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan aparat kepolisian terkait bahan peledak yang masuk ke Gudang Handak PT BA.

“Kita selalu berkoordinasi untuk pengamanan. Setiap adanya bahan peledak yang masuk ke Gudang Handak selalu kita koordinasikan dengan polisi,” terang Joko. Lebih lanjut, pihaknya juga akan terus melakukan koordinasi secara internal untuk pengamanan Gudang Handak yang menjadi skala prioritas.

Dalam kesempatan ini juga hadir AKP Apromico selaku Kasat Intelkam Polres Muara Enim, AKP Herli Setiawan, SH, Kapolsek Lawang Kidul, Yadi selaku Manager Gudang PTBA, PJS Manager Security PT BA Kompol Purmansyah, dan Asmen Gudang PTBA Didi. (amr)

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Kapolres: Pengamanan Gudang Bahan Peledak PTBA Sesuai Standar". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!