Internet dan Sains

Inovasi Warga Lawang Kidul, Limbah Plastik Disulap Jadi BBM

MUARA ENIM – Sampah masih menjadi persoalan di wilayah Kecamatan Lawang Kidul. Persolan ini pun menjadi dilema. Di satu sisi sebagian masyarakatnya masih ada yang membuang sampah di sembarang tempat.

Di sisi lain petugas kebersihan masih terbatas dan minim prasarananya. Pihak Kecamatan Lawang Kidul pun berinovasi dengan mengubah sampah, khususnya limbah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM).

“Masalah sampah di Lawang Kidul akan menjadi bom waktu, jika tidak dilakukan inovasi dalam pengelolaannya. Kami tidak akan tinggal diam dan melakukan inovasi untuk mengurangi beredarnya sampah plastik ini,” ujar Camat Lawang Kidul, Drs Rahmat Noviar MSi, Senin (28/3).

Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak
Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak. (youtube)

Meidi Rafi Andi, warga yang memiliki inovasi pengelolaan limbah plastik menjadi BBM mengatakan, limbah plastik merupakan penyumbang terbesar masalah sampah sekarang ini. Limbah tersebut susah untuk diurai dalam tanah, maka dari itu harus ada inovasi untuk mengurangi sampah-sampah plastik yang ada di sekitar.

“Pertama limbah plastik kita bakar hingga suhu 600 derajat, lalu disuling menggunakan alat sederhana, dan penjernihan. Uap hidrokarbon hasil pembakaran inilah yang menjadi minyak yang bisa digunakan untuk bahan bakar (BBM),” ungkap Meidi.(amr)

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Inovasi Warga Lawang Kidul, Limbah Plastik Disulap Jadi BBM". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!