Kesehatan

7 Penyebab Bayi Menolak ASI

JBerita.com – Semua wanita memiliki keinginan yang sama saat mempunyai buah hatinya, yaitu dengan memberikan Air Susu Ibu (ASI) kepada sang bayi kapan pun bayi membutuhkannya.

Namun, di kondisi nyata banyak sekali kendala yang dihadapi oleh seorang ibu yang menyusui, diantaranya adalah Bayi Menolak ASI.

Hal ini dapat diketahui dari ekspresi dari setiap bayi yang memberikan respon saat akan diberi ASI, diantaranya adalah bayi menangis, bayi tidak semangat saat mengisap ASI, meronta dan melawan saat akan diberi ASI, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk itu, penting sekali diketahui penyebab bayi menolak ASI dan bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini ada 7 Sebab mengapa bayi menolak ASI, seperti dikutip dari laman VIVA.co.id

1) Bayi masih mengantuk, Umumnya bayi memiliki frekuensi tidur yang cukup banyak, sehingga saat di beri ASI, Bayi menolaknya. Untuk itu perlunya mengatur jadwal pemberian ASI kepada bayi agar menjadi sebuah kebiasaan, misalnya adalah 2 Jam sekali.

Apabila bayi masih tertidur pulas setelah waktu minum ASI tiba, sebaiknya bangunkan bayi dengan cara memberikan sentukan kepada bayi dengan kasih sayang. Setelah bayi terbagun, barulah berikan rangsangan kepada bayi dengan menggelitik telapak kaki, ketiak, perut dan lainnya agar mulut bayi terbuka dan bayi siap menerima ASI.

Ibu menyusui (ilustrasi)
Ibu menyusui (ilustrasi)

2) Posisi menyusui tidak tepat, untuk itu di perlukan mencari posisi yang nyaman untuk bayi menyusu.

3) Bayi sedang sakit, Saat bayi dalam kondisi kurang sehat yang diakibatkan pilek, Flu, Sariwan, dan Demam. Untuk itu penting sekali menjaga kesehatan bayi, jika demam bayi harus segera di obati.

4) Tumbuh Gigi, Saat tumbuh gigi, biasanya bayi akan rewel dan sering menolak ASI. Untuk itu ibu harus lebih sabar dalam memberikan ASI.

5) Bayi Sudah Kenyang, Saat bayi sedang dalam kondisi kenyang, maka bayi akan menolak saat diberi ASI. Saat dipaksakan maka bayi akan menangis dan biasanya akan memuntahkan kembali, dan hal ini dapat mengakibatkan ibu menjadi gugup. Untuk itu penting sekali memastikan Bayi sendawa setelah menyusu.

6) Bayi mengalami bingung putting, Hal ini disebabkan karena pemberian susu formula kepada bayi atau ASI dalam dot, sehingga bayi mengalami kebingungan putting. Untuk itu dianjurkan untuk dapat menyusui bayi dengan cara alami.

7) ASI yang keluar terlalu deras, ASI yang berlebihan akan membuat selera menyusu anak menjadi turun, karena ini dapat mengakibatkan trauma kepada bayi. untuk itu penting kiranyanya pengetahuan seorang ibu, jika hal ini terjadi maka sebaiknya ASI di pompa sedikit.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "7 Penyebab Bayi Menolak ASI". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!