Nasional

Lomba Kuliner Daerah, Elok: Komponen Bahan Lokal Jadi Nilai Plus

Indah dkk dari Kecamatan Belimbing dengan menu andalannya Susu Jagung
Indah dkk dari Kecamatan Belimbing dengan menu andalannya Susu Jagung

MUARA ENIM – Masakan kampung khas daerah Muara Enim diperagakan dalam lomba kuliner di halaman Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Rabu (27/4).

Sebanyak 20 tim ibu-ibu perwakilan Kecamatan di Muara Enim menampilkan masakan khas daerahnya. Kebanyakan menyajikan menu olahan ikan dan minuman tradisional.

Indah, dari perwakilan Kecamatan Belimbing menampilkan salah satu menu susu jagung khas kampungnya.

“Jagung merupakan salah satu menu pangan di Kecamatan Belimbing. Kami jadikan minuman dengan paduan susu. Memang masih ada kendala kurangnya alat dalam pembuatan susu jagung,” ujar Indah.

Chef Arie Priambodo, salah satu chef dalam kesempatan itu juga memberikan cara membuat pindang tulang dan steak khas Muara Enim. “Menu-menu khas daerah yang ditampilkan ini bisa menjadi referensi bagi hotel-hotel di Muara Enim,” jelasnya.

Elok, salah satu tim juri mengatakan, kriteria penilaian ada enam kategori. Yang penting adalah adanya komponen bahan dasar khas daerah jadi nilai plus.

“Selain resep tradisional, penampilan, citarasa, juga aspek keamanan pangan seperti kebersihan menu pangan,” jelasnya.

Sekda Muara Enim Ir H Hasanudin
Sekda Muara Enim Ir H Hasanudin

Sekda Muara Enim Ir H Hasanudin berharap, dengan lomba menu kuliner tradisional ini dapat membina ekonomi kreatif terutama bagi ibu-ibu di setiap kecamatan.

“Dengan demikian, diharapkan menjadi sumber pendapatan dan menambah kesejahteraan warga. Pemkab mendorong untuk dilestarikannya kuliner khas daerah,” tukasnya.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Lomba Kuliner Daerah, Elok: Komponen Bahan Lokal Jadi Nilai Plus". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!