OtomotifTips dan Trik

Cara Meningkatkan Kualitas Audio Head Unit Mobil Bawaan Tanpa Harus Menggantinya

Menggunakan Power Amplifier dan Equalizer Terintegrasi

JBerita.com – Kendati telah memiliki suara lumayan, head unit terintegrasi atau bawaan pada mobil jelas membuat orang enggan menggati kep roduk after market. Selain harus membeli frame dasbor pengganti dengan harga yang cukup mahal, head unit terintegrasi saat ini cenderung sudah memiliki fitur berlimpah.

Sebut saja misalnya koneksi bluetooth hingga soket USB. Semua ini lebih memanjakan penumpang dalam memilih sumber suara eksternal. Memang tak semua mobil sulit untuk diganti. Seperti Toyota Innova dan Nissan Livina, yang bisa mudah menggunakan head unit aftermarket. Namun, mengganti head unit saja tidak menjadi solusi praktis untuk peningkatan kualitas suara.

Peran sebuah prosesor di dalam mobil jauh lebih berpengaruh untuk memperbaiki kualitas audio dibanding mengganti sebuah head unit baru. Kecuali head unit pengganti tersebut sudah dilengkapi dengan prosesor suara terintegrasi.

Fungsi prosesor ini untuk menata suara. Ia juga berperan sebagai crossover aktif maupun menjaga keselarasan frekuensi yang ada di kabin. Termasuk pengaturan time alignment yang mengatur waktu datang suara ke posisi tertentu. Namun, tetap saja masih menyisakan “PR” untuk memperbaiki kualitas suaranya. Yakni belum adanya power amplifier untuk menghasilkan suara yang berisi juga bertenaga.

Kini tersedia perangkat hybrid yang memadukan antara equalizer dan power amplifier dalam satu kemasan. Selain ringkas, kamu tak perlu lagi membeli power amplifier secara terpisah.

Power amplifier terintegrasi ini, mampu memberikan tenaga speaker yang stabil dalam menghasilkan audio lebih baik dari sebelumnya. Terlebih proses intalasi yang membutuhkan tempat ekstra untuk pemasangannya.

Perangkat hybrid yang terdiri dari power amplifier dan Equalizer ini bisa secara signifikan memperbaiki sistem tata suara tanpa harus mengganti head unit mobil standar yang sudah terintegrasi. Apa lagi perangkat ini dapat meminimalisasi tempat yang dibutuhkan dalam proses instalasinya.

Perangat yang bisa digunakan diantaranya adalah JBL MS-8 dan ARC DSP-8.

Fitur, Spesifikasi dan Harga JBL MS-8

Harga JBL MS-8 waktu pertama kali dirilis adalah Rp12 jutaan. Namun kini kamu bisa mendapatkannya seharga Rp4 juta hinga Rp5 jutaan.

Power Head Unit Mobil JBL MS-8.
Power Head Unit Mobil JBL MS-8.

Produk ini juga memiliki power amplifier 8×20 Watt terintegrasi. Paduan prosesor suara dan power amplifier ini juga memiliki high level input. Bedanya, pengaturan produk ini bisa diatur secara otomatis, sehingga memudahkan proses intalasinya. Tak perlu koneksi PC, cukup mengandalkan perangkat yang tersedia dalam paket penjualannya.

Proses pengaturan dilakukan dengan menggunakan menggunakan microphone berbentuk headphone. Cukup dengan duduk di posisi pendengar, dan semua proses berjalan dengan sendirinya.

Spesifikasi dan Harga ARC DSP-8

Produk legendaris dari ARC ini waktu pertama kali dirilis dibanderol seharga Rp 9 jutaan. Namun kini, sudah bisa didapat seharga 4-6 jutaan saja. Itupun sudah sulit menemukannya. Sekalipun ada, pasti itu stok lama atau bekas. Di market place seperti Shopee atau Tokopedia, harga ARC DSP-8 Rp2-3 jutaan.

Power Head Unit Mobil ARC DSP-8
Power Head Unit Mobil ARC DSP-8.

ARC DSP-8 memiliki prosesor yang dan power amplifier 8 x 27 Watt. Perangkat ini memiliki fasilitas high level input sehingga mampu menerima langsung dari keluaran head unit ke speaker tanpa high to low converter terpisah.

Selain itu, tersedia pula low level input berupa RCA. Fitur input sensing dapat mengaktifkan prosesor suara ini saat sinyal dari head unit diterima.

Equalizer 8-cannel-nya bekerja secara independen. Begitu pula crossover maupun time correction yang turut merapikan suara yang dihasilkan head unit standar bawaan mobil. Sedangkan untuk melakukan pengaturannya dapat dilakukan menggunakan software komputer (PC) yang dapat dihubungkan melalui koneksi USB.

Jika kamu sudah familiar dengan produk-produk ARC, mungkin bisa mempertimbangkan perangkat teranyarnya yaitu PS8-50. Ini adalah produk upgarade dari DSP-8 dengan berbagai peningkatan. Untuk harga, dibanderol dikisaran 15-19 jutaan.

Kesimpulan
Kehadiran 2 perangkat di atas, menjadi solusi upgrade yang praktis bagi mobil-mobil dengan head unit terintegrasi. Terlebih kedua produk di atas memiliki high level input yang dapat menerima masukan dari kabel speaker sebagai input suara menuju prosesor.

Audio yang dihasilkan head unit standar pun menjadi lebih bertenaga tanpa penambahan power amplifier secara terpisah. Bahkan tak perlu lagi mengganti head unit baru untuk menghasilkfan suara berkualitas dan melantunkan lagu mp3 jernih dan bertenaga.

Apa langkah selanjutnya?
Untuk membuat suara semakin berkualitas, langkah selanjutnya adalah dengan mengganti speaker depan dengan sistem 2-way yang praktis dan proses instalasi mudah. Sebaiknya menggunakan speaker berukuran sama dengan bawaan pabriknya.

Dengan begitu, baik speaker mid-bass maupun tweeter dapat dimasukkan ke dalam tempat aslinya. Sehingga semua perangkat audio yang ditambahkan terlihat seperti aslinya.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Cara Meningkatkan Kualitas Audio Head Unit Mobil Bawaan Tanpa Harus Menggantinya". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!