Nasional

Tanggapi Fadli Zon, Pakar Tata Bahasa Yayah Bacharia Angkat Bicara

JAKARTA – Pakar Tata Bahasa Yayah Bacharia akhirnya angkat bicara menanggapi keraguan Wakil Ketua DPR Fadli Zon, atas penunjukan dirinya sebagai orang yang dipercaya MKD untuk menjelaskan Legal Standing atas laporan Mentri ESDM Sudirman Said yang dianggap memiliki kepentingan didalam kasus ini.

“Saya diminta MKD untuk menjelaskan kata “dapat” didalam pasal 126 ayat 1 dan pasal 5 Tata Beracara MKD, guna mengetahui posisi Sudirman Said ketika mengadu ke MKD dan menyerahkan aduannya dengan menggunakan ko resmi kementerian. Saya sebagai Ahli Bahasa, bukan sebagai Anggota BIN” tegasnya.

Sudirman melaporkan Setya Novanto dalam kasus perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia yang melibatkan nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kala.

Pakar Ahli Tata Bahasa Yayah Bacharia (kompas)
Pakar Ahli Tata Bahasa Yayah Bacharia. (kompas)

Pakar Tata Bahasa ini menjelaskan kata “dapat” pada pasal tersebut diatas memiliki makna bisa atau boleh, artinya di izinkan, tidak dilarang.

“Secara UU, Sudirman Said tidak salah karena telah melaporkan Ketua DPR Setya Novanto  ke MKD” Tegasnya.

Yayah menegaskan bahwa dirinya adalah tenaga pengajar di Sekolah Intelejen Negara, Fakultas Hukum di Universitas Nasional, dan Lembaga Pers Dr Sutomo serta di Universitas Indonesia. Yayah sudah pensiun pada Tahun 2009 dari Depdiknas.

“Tahun 2009 saya sudah pensiun dari Depdiknas, dan terakhir saya menjabat sebagai professor riset atau ahli peneliti utama.” Katanya.

Seperti di lansir dari laman tribunnews.com, dalam sebuah pesan singkat yang di sampaikan oleh Yayah, Senin (30/11) “Fadhli Zon itu memprihatinkan, ini menyakitkan, dan itu pelecehan”. Ujarnya.

Yayah pun bermaksud akan mengirimkan surat bantahan kepada MKD terkait penilaian Wakil DPR ini tentang dirinya tercatat sebagai Anggota BIN.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Tanggapi Fadli Zon, Pakar Tata Bahasa Yayah Bacharia Angkat Bicara". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!