Kesehatan

Kanker Usus Penyebab Titi Qadarsih Meninggal, Kenali Gejalanya Sejak Dini

JBerita.com – Aktris senior era 80-an, Titi Qadarsih meninggal dunia akibat kanker usus stadium 4 yang menggerogotinya. Sebelum meninggal, Titi sudah menjalani perawatan intensif beberapa bulan terakhir di Rumah Sakit Fatmawati.

Namun Tuhan ternyata lebih sayang kepadanya. Aktris yang mendapat Nominasi FFI 1982 sebagai aktris pembantu itu menghadap kepada-Nya dalam usia 73 tahun.

Putra pertama Titi Qadarsih, Indra Q, yang merupakan personel band BIP dan eks keyboardist Slank mengungkap kabar duka tersebut melalui akun Istagram pribadinya.

“Innalillahi wa innailaihi rooji’uun. Telah berpulang ibunda kami tercinta Titi Qadarsih binti Sardjan. Dlm perjalanan pulang ke rmh beliau di cinangka. Jika ada salah mohon dimaafkan dan jika beliau ada tanggungan yg blm ditunaikan mhn kbri kami. Tksh. Indra dan kel,” tulis Indra di Instagram, Senin (22/10).

Titi Qadarsih Meninggal Akibat Kanker Usus
Titi Qadarsih Meninggal Akibat Kanker Usus Stadium 4 yang di deritanya.

 

Saat ditemui di rumah duka di Cinangka, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Indra menuturkan jika Titi sudah beberapa bulan terakhir menjalani perawatan intensif.

“Mama sakit dari bulan puasa kemarin, terakhir itu menurut dokter itu kanker usus sudah stadium empat. Kami sudah mulai pengobatan itu sekitar dua bulan lah. Terakhir intensif itu dua minggu di Rumah Sakit Fatmawati,” terang Indra.

Indra mengaku tak menyangka. Sebab, sebelumnya ia tak merasakan firasat apa pun.

“Makannya sudah agak susah. Tapi kan memang mama lincah banget ya. Kami enggak pernah tahu ya, akhirnya cara mama pulang ya begini,” ungkap Indra.

Gejala Kanker Usus:

  • Perubahan kebiasaan buang air besar, anda akan mudah mengalami diare atau sembelit dalam kurun waktu yang berdekatan.
  • Sakit perut atau rasa tidak nyaman di perut hingga dubur bisa terjadi terus berulang dalam waktu yang sangat panjang.
  • Buang air besar yang diikuti dengan pendarahan juga biasanya terjadi
  • Anemia
  • Penurunan berat badan yang sangat aneh
  • Anda juga akan mudah mengalami kelelahan
  • Sesak napas

Nah, itulah beberapa gejala penyakit kanker usus yang sering diabaikan oleh penderitanya dan berikut penyebabnya.

Penyebab Kanker Usus:

Kanker usus merupakan penyakit kanker yang cukup mengerikan. Kanker jenis ini ternyata lebih mudah merusak semua jaringan tubuh. Ketika mulai tumbuh, kanker ini sulit terdeteksi dan ketika mulai mengganas kanker ini bisa mengerogoti saluran cerna, mulai dari kelenjar getah bening yang ada di leher hingga bagian terakhir yakni anus.

Dilansir dari laman Vix.com, berikut penyebab dan gejala kanker usus yang sering diabaikan banyak penderitanya.

  • Kanker ini ternyata sangat rentan diturunkan dari genetik, sehingga anda perlu waspada jika ada saudara yang terkena kanker ini.
  • Terlalu sering memakan makanan yang tinggi lemak juga merupakan faktor pencetus dari kanker usus.
  • Selalu menahan buang air besar juga bisa menyebabkan jenis kanker ini.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Kanker Usus Penyebab Titi Qadarsih Meninggal, Kenali Gejalanya Sejak Dini". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!