Kesehatan

Cek Fakta Apakah Nata de Coco Mengandung Plastik Begini Proses Pembuatannya

Jberita.com – Fakta atau hoax jika Nata de Coco mengandung plastik? Sebab banyak informasi beredar yang menyatakan jika Nata de Coco mengandung plastik. Mirisnya, tak sedikit warganet yang mempercayai video dan pesan berantai yang dikirim via media sosial tersebut.

Untuk menjawab kesimpangsiuran dan supaya tidak menjadi informasi hoax, pihak berwenang dalam hal ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) merilis klarifikasi melalui webite mereka.

Beberapa poin penting mengenai informasi apakah Nata de Coco mengandung plastik disampaikan sebagai berikut:

Nata de coco merupakan pangan yang dibuat dari bahan baku air kelapa. Dalam kategori pangan, masuk ke dalam kelompok bahan baku berbasis buah.

Dalam proses pembuatannya, pangan yang menyerupai gel ini terbentuk dari jutaan benang selulosa yang berlapis-lapis, sehingga menjadikan pangan ini mengandung serat tinggi yang baik untuk tubuh.

Benang serat tipis atau selulosa tersebut, sering juga disebut sebagai dietary fiber atau serat pangan yang memang diperlukan dan penting untuk pencernaan.

Video Nata de Coco Mengandung Plastik
Video Nata de Coco Mengandung Plastik.

Lapisan yang banyak tersebut juga membuat nata de coco bisa memerangkap cairan. Jika ditekan, cairan tersebut akan keluar dan yang tertinggal adalah benang-benang serat yang menyerupai lembaran tipis. Lembaran tipis ini lah yang diisukan atau disebut-sebut seolah-olah lembaran plastik.

Potongan nata de coco yang semula lembut kenyal bisa digigit putus, akan menjadi sangat liat, dan sangat sulit untuk disobek jika cairannya berkurang karena yang tertinggal adalah kumpulan benang- benang serat tipis.

Mutu nata de coco yang baik ditandai dengan warnanya yang putih bersih, transparan, struktur kuat, tidak mudah hancur, tidak lengket, tidak berbau asam, serta tidak mengandung kotoran.

Video Proses Pembuatan Nata de Coco.

Karenanya, Badan POM mengajak masyarakat agar menjadi konsumen yang cerdas serta tidak mudah terpengaruh oleh isu yang beredar di media sosial. Ingat selalu Cek “KLIK” (cek Kemasan, cek Label, cek Izin edar, dan cek waktu Kedaluwarsa) sebelum membeli atau mengonsumsi produk pangan.

Baca juga: 4 Makanan ini Bantu Turunkan Hipertensi.

Apabila terdapat hal- hal yang meragukan, hubungi Contact Center HALO BPOM di nomor telepon 1500533, SMS 081219999533, email [email protected]WhatsApp 08119181533, twitter @bpom_ri, atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia.

Link terkait mengenai informasi hoax Nata de Coco mengandung Plastik:

https://www.pom.go.id/new/view/more/klarifikasi/105/PENJELASAN-BADAN-POM-RI–tentang–Isu-Nata-De-Coco.html
https://www.facebook.com/gapniofficial/photos/a.2115774578735746/2414554298857771/
http://www.biotek.lipi.go.id/index.php/produk-jasa/produk/31-nata
https://www.kominfo.go.id/content/detail/22931/disinformasi-nata-de-coco-berbahaya-bagi-anak-karena-menyerupai-plastik-sehingga-tidak-dapat-dicerna/0/laporan_isu_hoaks
http://www.litbang.pertanian.go.id/info-teknologi/2631/

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Cek Fakta Apakah Nata de Coco Mengandung Plastik Begini Proses Pembuatannya". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!