Nasional

Warga Pajar Bulan Semende Darat Ulu Muara Enim Tewas Diterkam Harimau

JBerita.com – Mustadi, warga desa Pajar Bulan Kecamatan Semendo Darat Ulu Muara Enim tewas diterkam harimau pada Kamis, 12 Desember 2019. Lokasi kejadian di kebun Kopi Ataran Padamaran Kecamatan Kota Agung Lahat. Lokasi ini berbatasan langsung dengan Desa Rekimai Jaya kecamatan Semende Darat Tengah Kabupaten Muara Enim.

Bagaimana kronologis kejadian Mustadi diterkam oleh harimau tersebut? Irianto, saksi mata yang melihat kejadian mengerikan itu menuturkan korban diterkam harimau sekitar pukul 17:30 WIB. Saat itu, Irianto baru saja selesai menggiling kopi di pondoknya. Kemudian dia membongkar mesin kopi sementara Mustadi masih memetik kopi.

Kemudian warga Desa Rekimai Jaya kecamatan Semende Darat Tengah Kabupaten Muara Enim ini melihat ada harimau menuju ke arah Muhtadi dan berteriak kencang “ada harimau”. Bukannya takut, harimau sumatera itu justru langsung menerkam korban. Melihat kejadian itu, Irianto langsung berlari ke pondok dan memukul seng dengan kencang untuk membuat suara gaduh bermaksud menakuti dan menghalau harimau itu.

Warga Muara Enim Tewas Diserang Harimau
Warga Muara Enim Tewas Diserang Harimau.

Usahanya berhasil sebab harimau itu sempat pergi meninggalkan korban yang terluka parah. Lantas, Irianto mendekati lokasi kejadian bermaksud menolong korban.

Sayangnya, harimau kembali mendatangi lokasi penyerangan. Sehingga Irianto meninggalkan korban dan berlari untuk menyelamatkan diri. Setelah itu Irianto langsung memberitahukan kejadian itu ke masyarakat Rekimay Jaya Kecamatan Semende Darat Tengah, Muara Enim melalui ponsel dan oleh warga dilaporkan ke Polsek Semendo.

Korban Di Evakuasi dan Ditemukan Sudah Tewas

Proses evakuasi dimulai malam harinya pada pukul 23.00 WIB. Warga masyarakat dan anggota Polsek Semendo yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Semendo dan Kanit Bimas Polsek Semendo Iptu Awan Setiadi berangkat menuju tempat kejadian perkara.

Keesokan harinya (Jum’at, 13 Desember 2019) sekitar pukul 04.00 WIB korban berhasil di evakuasi dalam keadaan sudah meninggal dunia. Kondisi korban sangat menggenaskan. Korban mengalami luka sobek pada bagian leher, kaki kiri kanan korban, dan bagian dada korban sebelah kanan.

Warga Semende Muara Enim Dimakan Harimau
Jenazah Muhtadi, Warga Semende Muara Enim yang Diterkam Harimau.

Kemudian korban dibawa ke Puskesmas Pajar Bulan Kecamatan Semendo Darat Ulu Muara Enim untuk dilakukan pemeriksaan intensif.

Kemudian jenazah korban langsung di bawa oleh pihak keluarga untuk di makamkan di Desa Kecamatan Semendo Darat Ulu Muara Enim.

Kapolres Muaraenim, AKBP Afner Juwono melalui Kapolsek Semendo, AKP Ferry membenarkan adanya kejadian tersebut.

“Jasad Korban sudah dievakuasi dan saat ini sudah dibawa kerumah duka, di lokasi tersebut memang banyak warga Semendo yang berkebun. Namun akibat kejadian ini sudah kita himbau agar masyarakat diharapkan untuk turun dulu dan meninggalkan kebun, untuk mengantisipasi kejadian serupa tidak terulang lagi,” terangnya.

Dijelaskannya kondisi saat ini, dengan adanya kejadian tersebut membuat warga takut untuk pergi kekebun.

Sementara itu Kapolres Lahat AKBP Ferry Harap SIK Melalui kapolsek Kota Agung AKP Fredi Raja Guguk menyebut jika Mustadi meninggal akibat beberapa luka ditubuhnya setelah diterkam harimau.

“Akibat di terkam harimau tersebut korban meninggal dunia. Adapun kuka-luka pada korban yaitu luka robek tidak beraturan di leher. Dada sebelah kiri terbuka dengan tulang rusuk hilang, 1/3 Kaki kanan hilang, Otot Betis kaki kiri hilang dan kaki hilang,” terang Kapolres Lahat, AKBP Ferry Harahap, SIK melalui Kapolsek Kota Agung, AkP Fredi Rajaguguk.

Baca juga: Indahnya Objek Wisata Danau Deduhuk di Desa Rantau Dedap, Semende Darat Ulu, Muara Enim

Kejadian yang Sama Warga Lahat Diterkam Harimau

Sebelumnya Kejadian Harimau menerkam seorang warga bernama Yudiansyah (40) warga Desa Karang Dalam Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat tewas dimakan Harimau Pagaralam.

Korban ditemukan tewas dikawasan Talang Tani Desa Tebat Benawa Kecamatan Dempo Selatan Kota Pagaralam, Kamis (5/12/2019) sekitar pukul 10.00 WIB.

Korban pertama kali ditemukan oleh kerabatnya yaitu Indrawansyah (27) saat sedang mencari keberadaan korban.

Menurut keterangan saksi, korban pergi ke kebun pada hari Senin tanggal 2 Desember 2019 pukul 08.00 WIB untuk mengambil kopi.

Namun korban tidak langsung pulang pada hari itu dan keluarga mengira korban menginap di kebun karena masih terdapat bekal di pondok kebun tersebut.

“Korban ini rencannya tidak menginap karena saat berangkat kekebun mertua korban sedang sakit,” ujarnya.

Namun pada hari rabu tanggal 4 Desember 2019 sekitar pukul 18.00 WIB pada saat mertua korban meninggal, keluarga menghubungi korban namun korban tidak dapat di hubungi.

“Kami menghubungi korban untuk memberitahu bahwa mertuanya meninggal. Namun korban tidak bisa dihubungi,” katanya.

Karena tidak bisa dihubungi Kamis (5/12/2019) keluarga korban langsung menyusul kelokasi perkebunan untuk mencari korban.

Namun korban ditemukan berjarak sekitar 10 Meter dari pondok sudah meninggal.

“Saat kami temukan kondisi yang sudah membusuk hanya tinggal tengkorak dan hanya daging bagian kaki yang masih tersisa,” ungkapnya.

Bahkan saksi masih melihat hewan buas Harimau Sumatera disekitar lokasi penemuan mayat korban. Melihat hal ini keluarga meminta bantuan pihak kepolisian untuk membantu evakuasi mayat korban.

Dalam Video yang diunggah ke akun Facebook atas nama Nandes Tebe, Kamis (5/12/2019). Di video tersebut terlihat seorang yang berseragam polisi diduga merupakan Kapolsek Dempo Selatan, Zaldi memberikan klarifikasi.

Dirinya menyampaikan kabar duka kalau seorang warga lagi telah menjadi korban harimau yang menerkam warga Tebat Benawa. Dalam video tersebut, Kapolsek mengajak warga untuk menyiapkan diri sebelum bersama-sama mendatangi lokasi korban.

Sebab perjalanan tersebut dinilai beresiko karena harimau Sumatera disebut masih berada di sekitar jasad korban.

Topik
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

DISKUSI dan KOMENTAR

Back to top button
error: Content is protected !!
Close