Travel

Indahnya Objek Wisata Danau Deduhuk di Desa Rantau Dedap, Semende Darat Ulu, Muara Enim

MUARA ENIM – Pada tahun 1952, Din Garong dan dua orang anak buahnya menemukan genangan air di Desa Rantau Dedap, Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim.

Saat itu, Din Garong pun merasa penasaran dan langsung membersihkan semak-semak yang ada di sana. Karena dia yakin akan ada sesuatu yang indah di balik genangan air tersebut. Sembari membersihkan akhirnya terlihatlah jelas genangan air tersebut seperti danau.

Awal mula disebut Danau Deduhuk karena pada saat itu ada seseorang (Din Garong) yang sedang mencari tanaman obat-obatan di semak-semak belukar di pedalaman Desa Rantau Dedap dengan cara mengendap-ngendap (nyeyuhok) dan tanpa disengaja dia menemukan genangan air yang berukuran kurang lebih 10×20 meter.

Danau Deduhuk di Desa Rantau Dedap, Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim
Danau Deduhuk di Desa Rantau Dedap, Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim.

Jadi nama danau deduhuk diambil dari kata “Nyenyuhok”, luas danau tersebut diperkirakan 12 hektar dan sampai saat ini baru terealisasi 6 hektar.

Pada tahun 1952, akses yang dapat digunakan hanya dengan berjalan kaki untuk menuju danau tersebut dari Desa Segamit ke Desa Rantau Dedap sekitar delapan jam.

Tak beberapa lama kemudian, dia pergi merantau ke kota dan pada saat dia kembali ke desanya ternyata danau tesebut sudah mulai melebar. Lama-kelamaan genangan air itu semakin luas dan berubah menjadi danau yang sangat besar.

Banyak pula warga masyarakat ingin membantu dan membuka danau tersebut agar dapat diakses sehingga dapat didatangi oleh para wisatawan.

Saat ini, jarak tempuh ke Danau Deduhuk yang dilalui sekitar 4 jam perjalanan dengan kendaraan dari kota Muara Enim.

Bukan apa-apa, akses yang akan ditempuh agak lumayan ekstrim. Tebing, jurang, jalan berkelok, dan jika hujan turun, jalan bebatuan menjadi berlumpur bisa saja perjalanan yang sudah susah payah ditempuh jadi sia-sia.

Koordinator Tim Ekspedisi Jelajah Bumi Tunggu Tubang, H Jumhari Yunus yang merupakan Kepala Kantor Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muara Enim mengatakan, wilayah Semende Darat Ulu memiliki potensi pariwisata alam yg sangat beragam berupa sungai, danau, air panas, air terjun dan agrowisata. yang belum terjamah secara optimal. Salah satunya Danau Deduhuk, di Semende Darat Ulu.

Lihat juga: Hindari Objek Wisata Ini Jika Anda Tidak Ingin Kecewa!.

“Potensi Danau Deduhuk ini dapat dioptimalkan melalui kerja sama antar semua pihak dan aktifitas petualangan alam bebas yang dapat digarap dengan memadukan olahraga alam bebas dan hiburan,” pungkasnya, Selasa (8/3).(Amr)

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Indahnya Objek Wisata Danau Deduhuk di Desa Rantau Dedap, Semende Darat Ulu, Muara Enim". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!