OtomotifSiaran Pers

Sedan Listrik Mewah yang Paling Bertenaga dan Efisien di Dunia, Lucid Air Dirilis

Ada 4 Tipe dan Harga Dibanderol Mulai $80.000

Sorotan Cerita
  • Lucid Air menjadi tolok ukur baru bagi mobil listrik dalam aspek inovasi, performa, kemewahan, dan kinerja yang ramah lingkungan, serta tersedia dalam berbagai jenis model yang ditawarkan mulai seharga $80.000

JBerita.com – Lucid Motors, bertekad untuk menjadi standar baru bagi transportasi yang ramah lingkungan melalui kendaraan listrik (EV) mewah dan mutakhir, pada hari ini merilis rincian produksi Lucid Air yang sangat ditunggu-tunggu. Hal ini dilakukan lewat web broadcast global dari kantor pusatnya di Silicon Valley. Lucid Air berhasil menjadi tolok ukur industri yang baru dalam segmen EV dan mobil mewah, terutama untuk aspek kinerja, efisiensi, dan desain. Sedan mewah terbaru yang sepenuhnya bertenaga listrik ini akan mulai dikirimkan kepada pelanggan pada Musim Semi 2021.

Gambar Mobil Lucid Air 2021
Gambar Mobil Lucid Air 2021.

“Lucid Motors ingin membuat mobil listrik yang lebih baik guna mempercepat mobilitas yang ramah lingkungan di seluruh industri. Pengembangan mobil listrik yang termutakhir di dunia akan menguntungkan semua orang dengan transportasi berkelanjutan dan tanpa emisi. Lebih lagi, berbagai pelanggan baru akan tertarik memakai EV,” jelas Peter Rawlinson, CEO & CTO, Lucid Motors. “Dengan kehadiran Lucid Air, kami membuat halo car bagi seluruh industri, yakni mobil dengan fitur terkini yang terwujud berkat teknologi dan kinerja EV pada jenjang baru.”

Memanfaatkan Ruang untuk Menghasilkan Udara

Lucid Air menjalankan pendekatan revolusioner dalam automotive packaging yang disebut Lucid Space Concept. Pendekatan ini memanfaatkan miniaturisasi atas sistem penggerak (drivetrain) EV yang dikembangkan Lucid untuk mengoptimalkan ruang pada interior mobil. Konsep tersebut penting bagi arsitektur Lucid Electric Advanced Platform (LEAP) sebagai platform Lucid Air dan mobil-mobil Lucid mendatang. Pendekatan ini bersifat holistis dan benar-benar baru dalam pengembangan konstruksi EV, tanpa memakai solusi “off the shelf” yang lazim ditemui pada EV buatan produsen otomotif ternama.

Baca juga: Mobil Tata Nano.

Lucid membuat motor listrik yang lebih kecil sekaligus lebih bertenaga. Hal ini secara otomatis meningkatkan pengemasan seluruh sistem penggerak listrik. Dengan demikian, Lucid mampu menambah kelegaan dan kenyamanan penumpang. Langkah tersebut berasal dari filosofi hyper-efficiency yang dianut di setiap aspek Lucid Air, mulai energi hingga efisiensi ruang, sehingga menghasilkan kombinasi yang luar biasa antara jarak tempuh, kepraktisan, kinerja, dan kemewahan.

Pendekatan Space Concept juga menghasilkan proporsi Lucid Air yang istimewa dan modern, tanpa bergantung pada gaya desain otomotif yang biasa ditemui. Sebaliknya, Lucid Air tampil sebagai mobil yang keren dan terlihat sangat unik di jalanan.

“Saat kami merintis Lucid Motor dan mengembangkan mobil pertama, Lucid Air, kami menolak untuk berkompromi. Sejak awal, kami ingin mengupayakan pencapaian terbaik dalam kinerja, inovasi, dan kemewahan,” jelas Derek Jenkins, VP, Design, Lucid Motors. “Hasilnya, kami menciptakan mobil terbaik di dunia, dan jumlah pemesanan telah membuktikannya. Lebih lagi, kami mengerjakan semuanya tanpa pernah mengorbankan keistimewaan Lucid Air sebagai mobil panutan yang betul-betul tercipta dari nol, hingga memanfaatkan keleluasaan desain yang disediakan arsitektur EV.”

Sarat Inspirasi

Terinspirasi dari California, semangat negara bagian ini tak hanya terdapat dalam produk-produk Lucid Motor, namun juga pengalaman ritel dan digital yang didesain merek tersebut. Seperti arti namanya, Lucid tergerak dari prinsip yang melihat segala sesuatu dari sudut berbeda, dan mewujudkan impian-impian ini. Konsep tersebut terlihat dari slogan merek “Dream Ahead” yang menjadi visi perusahaan untuk menolak status quo, serta selalu berinovasi dalam teknologi EV.

“Merek Lucid tercipta dengan pola pikir progresif dan post-luxury, ideal untuk memenuhi pesatnya kebutuhan para pembeli yang paling progresif. Kami menuju masa depan dimana konsumen cerdas menganggap aspek keberlanjutan, desain mutakhir, dan inovasi teknik sama pentingnya dengan aspek-aspek kemewahan pada umumnya, seperti kualitas dan teknik produksi,” tutur Jenkins. “Kami menilai Lucid berada di garis depan dalam peralihan selera konsumen. Kini, konsumen menginginkan merek-merek baru yang menawarkan hubungan langsung serta produk dengan teknologi, kinerja, dan desain yang sepenuhnya baru.”

Menjadi Standar Baru di Setiap Jenjang:

Kinerja dan Jarak Tempuh yang Memecahkan Rekor
Dengan tenaga hingga 1.080 daya kuda yang disalurkan arsitektur dual-motor dan all-wheel-drive, Lucid Air mampu mencapai seperempat mil dalam 9,9 detik secara konsisten dan berulang-ulang. Hingga kini, Lucid Air menjadi satu-satunya sedan listrik yang sanggup melesat seperempat mil di bawah 10 detik. Keunggulan tenaga Lucid Air didukung jarak tempuh yang lebih jauh, hingga mencapai jarak tempuh EPA yang diperkirakan hingga 517 mil dalam satu kali pengisian daya baterai.

EV dengan Pengisian Daya Baterai yang Tercepat di Dunia
Ketika meluncur di pasaran, Lucid Air kelak tampil sebagai mobil listrik dengan pengisian daya baterai yang tercepat, mampu menuntaskan pengisian daya baterai hingga 20 mil per menit saat tersambung dengan jaringan DC Fast Charging. Bagi pemilik yang mengisi daya baterai Lucid Air dalam kondisi nyata di jalanan, pengisian daya hanya membutuhkan 20 menit untuk mencapai jarak tempuh sejauh 300 mil.

Paket Baterai EV yang Teruji di Lintasan Balap
Lucid Motors mengandalkan pengalaman 10 tahun dan pengujian di dunia nyata sejauh lebih dari 20 juta mil saat membuat paket baterai 113 kWh yang lebih tahan lama. Dikembangkan di kompetisi balapan untuk mobil listrik yang terkemuka di dunia, teknologi baterai Lucid telah teruji di lintasan balap, serta memiliki keunggulan Battery Management System (BMS), pengemasan sel baterai yang cerdas, dan densitas energi bertaraf dunia.

Interior Terbaik dan Bagasi Terluas di Kelasnya
Dengan filosofi Space Concept yang ekslusif dari Lucid, Lucid Air menawarkan interior berukuran lega dan mewah, sekaligus mempertahankan bentuk sedan sport yang gesit.

Interior Mobil Lucid Air
Interior Mobil Lucid Air.

Pendekatan tersebut menghasilkan bagasi terbesar di segmen mobil listrik mana pun hingga saat ini, serta penyimpanan bi-level yang luar biasa, baik di kompartemen depan dan belakang.

Mobil Mewah yang Paling Aerodinamis di Dunia
Lucid Air ialah mobil mewah yang paling “aero-efficient” di dunia. Sejumlah tes berhasil dilakukan di rolling-road wind tunnel yang mutakhir buatan Windshear, dan membuktikan koefisien drag Lucid Air yang tercatat sebesar 0,21.

2021 Lucid Air
2021 Lucid Air.

Layar Kokpit yang Canggih dan Terbuat dari Kaca, serta Dilengkapi Kendali Fisik yang Mudah Dijangkau
Interior Lucid Air mencerminkan inovasi layar free-form generasi baru yang terpadu secara elegan dengan arsitektur desain pada kabin mobil. Layar ini memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk berinteraksi dengan perangkat lunak kendaraan, serta user interface yang mengutamakan orang. Layar lengkung Glass Cockpit 5K berukuran 34 inci, berada di depan pengemudi, dan “melayang” di dasbor. Layar ini ikut menghadirkan kesan ringan dan lega pada interior. Lebih lagi, Pilot Panel yang terletak di tengah dapat ditarik masuk (retractable), serta mudah dijangkau pengemudi dan penumpang untuk mengendalikan sistem serta fitur mobil. Demi melengkapi layar digital, beberapa kontrol fisik yang sangat mudah dijangkau dan presisi juga hadir, termasuk ribbed turbine untuk fitur-fitur setir, volume control roller, serta alloy toggle switch untuk mengatur suhu.

ADAS Terkini
Lucid Air memiliki driver-assistance system (ADAS) yang canggih, Lucid DreamDrive, dan menjadi platform satu-satunya yang memadukan sederet sensor terlengkap di pasaran, serta didukung Driver Monitoring System (DMS) yang mutakhir. Semuanya tersedia sebagai fitur bawaan pada Lucid Air Dream Edition. ADAS tersebut menjadi sistem satu-satunya yang menawarkan 32 sensor, yakni mencakup visibilitas, radar, dan ultrasonik, serta LIDAR standar dan beresolusi tinggi yang pertama di dunia untuk EV. LIDAR ini bekerja dengan DMS standar, dan fitur navigasi (mapping) HD dengan geo-fenced. Hasilnya, sejumlah teknologi bantuan pengemudi (driver assistance) dapat mencapai Level 2 dan Level 3 dengan keamanan terbaik.

Teknologi Pencahayaan Tercanggih di Dunia
Lampu depan Lucid Air memanfaatkan sistem Micro Lens Array yang sangat revolusioner, dan terdiri atas ribuan “kanal lampu”. Dikembangkan sendiri oleh Lucid Motors, teknologi tersebut menjadi sistem pencahayaan yang paling terang, presisi, dan canggih hingga saat ini. Pengaturan arah cahaya secara digital dapat dilakukan dengan tombol virtual yang mengendalikan kanal-kanal lampu ke berbagai sisi. Sistem tersebut sanggup mengubah visibilitas dan meningkatkan keselamatan.

Alexa Voice Terintegrasi dengan Lucid Air
Lucid telah berkolaborasi dengan Amazon untuk menghubungkan Alexa Built-In yang canggih dengan Lucid Air. Integrasi ini membantu pengemudi dan penumpang untuk memanfaatkan Alexa ketika bepergian—termasuk fitur navigasi, panggilan telepon, streaming media, smart home control, dan menambahkan barang-barang belanjaan atau to-do-list—sambil memperhatikan jalanan dan mengendalikan setir mobil. Integrasi Alexa yang dilakukan Lucid juga menambah fitur-fitur pengendalian Lucid Air secara lokal, termasuk HVAC, dengan perintah suara yang ringkas. Saat pengemudi menggunakan Alexa, ada pula dukungan visual untuk mengendalikan fitur-fitur lewat layar Glass Cockpit pada Lucid Air. Secara rutin, serangkaian fitur akan terus ditambah melalui built-in Over-the-Air (OTA) updates.

Impian yang Terwujud

Lucid Air akan tersedia pada tahap awal di Amerika Utara dan hadir dalam empat model:

Tipe dan Harga Mobil Lucid Air
Tipe dan Harga Mobil Lucid Air.
  • The Air, model dasar, tersedia pada 2022 dan ditawarkan di bawah harga $80.000 ($72.500 setelah dikurangi kredit pajak federal di Amerika Serikat)*
  • Model Air Touring dengan sejumlah fitur yang lebih lengkap, tersedia pada akhir 2021, dan ditawarkan mulai $95.000 ($87.500 setelah dikurangi kredit pajak federal di Amerika Serikat)*
  • Model Air Grand Touring dengan fitur-fitur terlengkap, tersedia pada pertengahan 2021, ditawarkan mulai $139.000 ($131.500 setelah dikurangi kredit pajak federal di Amerika Serikat)*
  • Model Air Dream Edition dalam volume terbatas dan fitur-fitur komprehensif, tersedia pada musim semi 2021, ditawarkan senilai $169.000 ($161.500 setelah dikurangi kredit pajak federal di Amerika Serikat)*

Dream Edition
Lucid Air model Dream Edition akan memadukan ciri khas dan teknologi Lucid, menggabungkan kinerja unggulan dan jarak tempuh yang luar biasa. Sedan EV mewah bertenaga 1.080 hp akan tersedia dalam warna Stellar White, Infinite Black, atau edisi eksklusif Dream Edition dalam warna Eureka Gold. Setiap warna dilengkapi paket interior eksklusif dengan tema “Santa Monica”, termasuk lapisan kulit Nappa buatan Bridge of Weir di seluruh kabin, serta nuansa kayu Eucalyptus berwarna perak. Model Dream Edition juga memiliki desain velg unik “AeroDream” yang berdiameter 21 inci, serta dilengkapi emblem dan trim khusus untuk menunjukkan halo edition Lucid Air yang diproduksi secara terbatas.

Touring dan Grand Touring Editions
Model andalan Lucid Air ialah Air Touring dan Air Grand Touring, masing-masing bertenaga 620 hp dan 800 hp. Model Air Grand Touring memiliki jarak tempuh yang mencapai peringkat EPA, yaitu sekitar 517 mil. Informasi lebih lanjut tentang konfigurasi dan seluruh model Air tersedia di situs Lucid Motors.

Ketersediaan Produk

Pemesanan produk kini dapat dilakukan para pelanggan di Amerika Serikat dan Kanada, serta beberapa negara tertentu di Eropa dan Timur Tengah. Pihak-pihak yang berminat bisa memesan Lucid Air dengan deposit senilai US$ 1.000 yang dapat dikembalikan, atau model Dream Edition yang diproduksi secara terbatas dengan deposit senilai US$ 7.500 yang dapat dikembalikan. Sedan mewah ini juga tersedia di 20 Lucid Studios dan Service Centers yang segera dibuka di Amerika Utara pada akhir 2021. Jadwal pengiriman mobil, harga, serta pusat penjualan dan layanan di Eropa dan Timur Tengah akan diumumkan kemudian.

Kegiatan produksi di pabrik Lucid Motors di Casa Grande, Arizona, segera dimulai dalam beberapa bulan mendatang. Sementara, pengiriman Lucid Air ke sejumlah pelanggan di Amerika Utara akan berawal pada musim semi 2021.

Sekilas Model Lucid Air pada 2021

Informasi tentang sejumlah versi baru Lucid Air dan model-model baru buatan Lucid akan segera dibagikan. Berikut ini sejumlah spesifikasi untuk model-model Lucid Air yang tengah direncanakan:

Model dan Harga Mobil Lucid Air
Model dan Harga Mobil Lucid Air.

Tentang Lucid Motors

Lucid bermisi untuk memperluas penggunaan transportasi yang berkelanjutan melalui mobil-mobil listrik yang paling menarik dan berorientasi pada pengalaman manusia. Mobil pertama buatan Lucid, Lucid Air, ialah sedan mewah yang canggih, dilengkapi desain yang terinspirasi dari California, serta didukung teknologi yang teruji di lintasan balap. Memiliki interior mewah dalam format mobil berukuran menengah, Lucid Air mampu mencapai jarak tempuh sesuai estimasi EPA, yakni di atas 500 mil, serta mencapai kecepatan 0-60 mph dalam tempo kurang dari 2,5 detik. Lucid Air, segera diproduksi di pabrik baru milik Lucid di Casa Grande, Arizona, mulai dikirim kepada pelanggan pada musim semi 2021.

Melalui
Andrew Hussey
Sumber
Lucid Motors
Topik
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
error: Content is protected !!
Close