Lowongan KerjaTips dan Trik

Cara Daftar Kartu Prakerja di Website prakerja.go.id dari HP

Prosesnya Mudah dan Langsung Verifikasi Foto Wajah

JBerita.com – Pendaftaran Kartu Prakerja di website prakerja.go.id kini semakin mudah. Bisa melalui hp atau smartphone Android. Syarat dan cara daftarnya juga gampang.

Kamu cukup akses website https://dashboard.prakerja.go.id/daftar dengan mengisi data-data seperti alamat email dan password yang akan kamu gunakan saat login nanti.

Namun sebelum melakukan pendafataran, ada baiknya kamu mengetahui informasi apa saja, termasuk juga syarat untuk bisa mengikuti dan daftar kartu prakerja.

Sebab, jika kamu berusia dibawah 18 tahun, kamu sudah menyalahi aturan dan syarat yang sudah ditentukan. Jadi jangan sampai sia-sia ya. Berikut syarat-syaratnya.

Syarat Daftar Kartu Prakerja

1. Warga Negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas.

2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

3. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.

4. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja atau buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

5. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Jika kamu merasa sudah memenuhi syarat daftar kartu prakerja diatas, silahkan lanjutkan ke proses pendafataran.

Cara Daftar Kartu Prakerja Melalui HP

1. Buka aplikasi browser di HP kamu. Boleh menggukan Firefox, Opera Mini, Google Chrome, dsb. Tetapi kami sarankan menggunakan Google Chrome.

2. Pada kolom alamat url atau address bar chrome, buka situs atau website pendaftaran kartu prakerja dengan cara mengetikkan https://dashboard.prakerja.go.id/daftar kemudian enter atau tap tombol panah ke kanan pada keyboar hp Android kamu.

3. Selanjutnya masukkan alamat email kamu yang aktif dan tentukan password yang akan digunakan untuk login nanti. Jangan lupa centang kolom kecil persetujuan syarat dan ketentuan. Kemudian klik tombol Daftar.

Cara Daftar Kartu Prakerja
Cara Daftar Kartu Prakerja.

4. Buka email notifikasi yang dikirim dan lakukan verifikasi.

5. Setelah berhasil daftar akun silakan login dengan memasukan alamat email dan password serta kode angka yang kamu lihat. Jangan lupa centang kolom kecil Ingat saya. Kemudia klik tombol Masuk.

Login Kartu Prakerja.
Login Kartu Prakerja.

 

6. Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman verifikasi KTP. Isi NIK, nomor Kartu Keluarga, dan tanggal lahir kemudian klik tombol Lanjut.

Verifikasi KTP dan KK di Kartu Prakerja
Verifikasi KTP dan KK di Kartu Prakerja.

7. Lalu kamu akan dibawa ke halaman data. Lengkapi data diri dan pastikan data yang dimasukkan sudah sesuai. Mulai dari Nama lengkap sesuai dengan KTP, jenis kelamin, status perkawinan, nama ibu kandung dan alamat. Pastikan nama lengkap dan nama ibu kandung yang dimasukkan sudah sesuai. Jangan lupa centang kolom kecil persetujuan pengisian data dan klik tombol Lanjut.

Melengkapi Data Diri di Website Kartu Prakerja.
Melengkapi Data Diri di Website Kartu Prakerja.

8. Langkah selanjutnya adalah ke tahapan verifikasi dengan memasukkan foto e-KTP. Ikuti semua petunjuk dan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi e-KTP berjalan lancar. Jika foto KTP Anda sudah sesuai ketentuan, silahkan klik Kirim Foto e-KTP. Tunggu hingga sistem selesai memverifikasi foto e-KTP yang diunggah.

9. Proses selanjutnya adalah verifikasi foto wajah. Seperti verifikasi e-KTP, ikuti semua petunjuk dan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi berjalan lancar.

10. Berikutnya, ambil swafoto (selfie) dengan kamera HP kamu. Sesuaikan swafoto (selfie) yang Anda ambil dengan memperhatikan ketentuan. Kemudian akan muncul tampilan foto yang sudah disesuaikan lalu klik Gunakan Foto. Jika swafoto (selfie) sudah sesuai, klik Kirim Foto untuk langkah berikutnya. Sampai disini, jika proses verifikasi berjalan dengan lancar, pendaftaran kartu prakerja kamu sudah berhasil.

Cara Cek Kelulusan Kartu Prakerja

1. Cek status penerimaan melalui dashboard Prakerja pada laman https://dashboard.prakerja.go.id/

2. Apabila terdapat keterangan “pendaftaran sedang dalam evaluasi”, itu berarti proses seleksi sedang berlangsung.

3. Jika kamu dinyatakan lolos saat pengumuman, kamu akan mendapatkan notifikasi untuk menonton tiga video tentang pengenalan Kartu Prakerja. Kamu tidak diperkenankan untuk menutup video jika belum selesai atau mempercepat laju video. Setelah menonton video selesai, kamu baru bisa melihat Nomor Kartu Prakerja dan bisa memilih kursus apa yang akan di ikuti dengan memanfaatkan saldo yang tersedia. Setelah menyelesaikan kursus, kamu baru bisa menerima intensif kartu prakerja.

 

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
error: Content is protected !!