NasionalSiaran Pers

Pemprov Sumsel Gelar Sosialisasi Satu Data Sumsel Tahun 2022

Wujudkan Tata Kelola Data yang Berkualitas

JBerita.com, Palembang – Pemprov Sumsel melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan menggelar Sosialisasi Satu Data Sumsel Tahun 2022 di Hotel Emilia Palembang, Selasa, 18/10/2022.

Sosialisasi ini mengusung tema “Sinergitas Satu Data Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Pemerintah Kab/Kota dalam Mewujudkan Tata Kelola Data Yang Berkualitas”.

Kegiatan dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan diwakili Asisten Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Pemprov Sumsel, H. Darma Budhi, S.H., S.T., M.T.

“Selama ini sulit sekali untuk mendapatkan data, dan banyak ditemui banyaknya perbedaan data antar lembaga. Hal ini menimbulkan berbagai masalah. Adanya satu data diharapkan akan mempermudah pemerintah dalam mengelola data yang berkualitas,” katanya.

Melalui kegiatan ini diharapkan ada sinergi dan kolaborasi dari seluruh Kab/Kota dalam mengoptimalkan pelaksanaan satu data di daerah masing-masing. Data yang berkualitas di setiap pemda akan mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, ia harapkan program BPS yaitu Desa Cinta Statistik (Cantik) juga dapat berkolaborasi mendukung mewujudkan Satu Data Sumsel untuk Sumsel Maju Untuk Semua.

“Kominfo sebagai wali data diharapkan dapat mewujudkan data berkualitas dengan bersinergi bersama kab/kota” ujarnya.

Peserta Sosialisasi Satu Data Sumsel Tahun 2022
Peserta Sosialisasi Satu Data Sumsel Tahun 2022.

Sementara itu, Kadis Kominfo Sumsel, H Achmad Rizwan, SSTP., MM., katakan kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan tata kelola data pemerintah daerah berbasis data berkualitas. Dan meningkatkan sinergitas satu data pemprov dan pemkab/pemkot dalam mendukung satu data Sumsel.

Sosialisasi satu data Sumsel, merupakan amanat Perpres no 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia dan implementasi Pergub No 4 Tahun 2021 dan tindak lanjut MoU bersama kepala BPS Sumsel tentang tentang satu data Pemprov Sumsel.

Narasumber berasal dari Sekretariat Satu Data Tingkat Pusat, Dr. Agung Indrajit, S.T., M.Sc., BPS Sumsel, Samsul Munawar, SST., M.Si., dan Bappeda Sumsel Ir. Ismail Darwin. Peserta berasal dari OPD Sumsel dan Kominfo Kab/Kota se-Sumsel.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua KPID Sumsel, Herfriady, dan Para Kadis Kominfo Kab/Kota se-Sumsel.

Melalui
@diskominfo_sumsel
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Pemprov Sumsel Gelar Sosialisasi Satu Data Sumsel Tahun 2022". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!