Nasional

Ali Rachman: Perusahaan Wajib Utamakan Tenaga Lokal

MUARA ENIM – Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Muara Enim Drs M Ali Rachman memperingatkan pada perusahaan untuk mengutamakan tenaga kerja lokal.

“Orang Muara Enim tidak bodoh-bodoh amat kok. Jadi perusahaan harus mengutamakan tenaga kerja lokal dari warga di ring I dan ring II,” ujar Ali, Selasa (19/1).

Hal ini sebagai peringatan bagi perusahaan-perusahaan di Muara Enim yang malah mengutamakan tenaga dari luar wilayah. “Ya, ini ungkapan kekesalan kita, karena masih ada perusahaan yang tidak mengutamakan tenaga kerja lokal. Padahal tenaga kerja lokal bisa menambah nilai tambah termasuk aspek security dan keamanan perusahaan,” jelasnya.

Untuk angka pengangguran di Muara Enim, kata Ali, data detilnya tahun 2016 belum pasti. Karena ada pengangguran terbuka, tapi ada pengangguran tetapi bekerja sambilan.

Ilustrasi - pencari kerja lokal memiliki potensi yang baik
Ilustrasi – pencari kerja lokal memiliki potensi yang baik. (beritadaerah)

Namun yang pasti, pihaknya meminta agar perusahaan yang keberadaannya bersentuhan langsung dengan masyarakat agar meningkatkan lagi kepeduliannya kepada masyarakat setempat.

Bupati Muara Enim Ir Muzakir Sai Sohar berharap perusahaan agar lebih menggalakkan pelatihan-pelatihan bagi pengangguran yang belum memiliki pekerjaan, terutama ring 1 perusahaan.

Menurut Bupati, saat ini angka pengangguran cukup tinggi di Kabupaten Muara Enim dan merupakan tanggungjawab bersama untuk mengatasi hal tersebut. Terutama, bagi perusahaan-perusahaan yang sebenarnya memiliki peluang untuk menempatkan kebutuhan tenaga kerjanya dengan mengambil pengangguran di desa.

“Ini merupakan kesempatan dan peluang terutama bagi tenaga kerja kita yang masih nganggur. Begitupun pada saat rekrutmen agar lebih mengutamakan putra daerah dalam penerimaannya nanti,” ungkap Muzakir. (amr)

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Ali Rachman: Perusahaan Wajib Utamakan Tenaga Lokal". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!