Nasional

Penerimaan Anggota Polri 2016 Akan di Buka, 44 Anggota Polisi Dapat Pengarahan PMK

MUARA ENIM – Sebanyak 44 anggota personil dari Polres Muara Enim dan Polres Prabumulih mendapatkan pengarahan dan sosialisasi tentang Penelusuran Mental Kepribadian (PMK) dari Propam Polda Sumsel. Hal ini sebagai persiapan sebelum melakukan perekrutan calon anggota Polri.

Kompol Aminudin SH, Kaur Lipes Bidang Propam Polda Sumsel selaku pembicara mengatakan, sosialisasi ini merujuk pada Peraturan Kadiv Propam Polri No.2 Tahun 2015 tentang PMK di Lingkungan Polri.

“Supaya dalam perekrutan calon anggota Polri nantinya menghasilkan anggota polisi yang memiliki mental dan kepribadian yang baik,” ujar Aminudin, di Aula Mapolres Muara Enim, Rabu (2/3).

Kapolres Muara Enim AKBP Nuryanto SIK MSi melalui Kasubag Humas Iptu Arsyad mengatakan, sosialisasi ini penting karena sebentar lagi Polri akan membuka penerimaan anggota polisi. Sehingga anggota polisi dalam perekrutan nantinya tidak salah pilih.

Penerimaan Anggota Polri 2016
Pengarahan dan sosialisasi tentang Penelusuran Mental Kepribadian (PMK) kepada 44 anggota personil dari Polres Muara Enim dan Prabumulih.

“Untuk itu, penelusuran mental kepribadian sangat penting untuk mengukur sejauh mana calon yang bersangkutan pantas dan layak diterima sebagai anggota polisi,” terang Iptu Arsyad.

Hal ini sebagai upaya untuk menghindari adanya temuan dan kejadian dimana anggota Polri memiliki mental dan kepribadian yang tidak sesuai. Semisal seperti kasus yang menimpa oknum polisi berinisial PB di Kalimantan Barat yang diduga memiliki penyakit skizofrenia sejak umur empat tahun sehingga membunuh dua anak kandungnya.

“Kita tidak inginkan calon anggota yang punya mental dan kepribadian buruk bisa lolos menjadi anggota polisi,” dijelaskan Arsyad. Sosialisasi ini diikuti oleh personil kepolisian, yakni Kapolsek dalam jajaran, Kasat Intelkam dan para Kasi Propam Polres Muara Enim dan Polres Prabumulih. (amr)

Topik
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

DISKUSI dan KOMENTAR

Back to top button
error: Content is protected !!
Close