Entertainment

Ireng Maulana Meninggal dan Akan Dimakamkan Besok di Kampung Kandang

JAKARTA – Musisi jazz, Ireng Maulana meninggal dunia pada usia 71 tahun pada hari Minggu dini hari, 06 Maret 2016 pukul 00.45 WIB. Kabar meninggalnya gitaris bernama lahir Eugene Lodewijk Willem Maulana itu diumumkan langsung melalui layar video yang terpasang di seluruh panggung BNI Java Jazz Festival 2016 yang diadakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Ireng meninggal setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Harapan Kita, Jalan S Parman, Jakarta Barat.

Kabar meninggalnya Ireng Maulana inipun sempat menjadi trending topic di media social Twitter. Netizen menyampaikan ucapan belasungkawa dengan menyertakan hastag #RIPIrengMaulana.

Dikutip dari laman wikipedia, Ireng Maulana merupakan putra dari pasangan Max Maulana dan Georgiana Sinsoe. Ayahnya adalah seorang pemain gitar yang berasal dari Cirebon. Seangkan ibunya berasal dari Sangir dan merupakan seorang penyanyi yang pandai memainkan piano. Bakat musik Ireng menurun dari ayahnya. Nama Ireng sendiri diperoleh sewaktu masa kanak-kanak.

Ireng Maulana Meninggal
Musisi dan Tokoh Jazz Indonesia, Ireng Maulana Meninggal. (YouTube)

Pada tahun 1978, Ireng mendirikan grup bernama Ireng Maulana All Stars. Grup ini terdiri dari delapan orang yaitu, Benny Likumahuwa (trombone), Maryono (saksofon), Hendra Wijaya (piano), Karim Tes (terompet, Roni (bas), Benny Mustapha (drum) dan Ireng Maulana sendiri yang memegang gitar dan banjo.

Seiring waktu, Ireng Maulana All Stars terus berkembang hingga terbentuknya sebuah organisasi bernama Ireng Maulana Associates, yaitu tempat bergabung para musisi jazz di Jakarta. Melalui organisasi ini pula Ireng menyelenggarakan pesta musik jazz internasional Jakarta Jazz Festival. Dia juga sudah go internasional dengan tampil di North Sea Jazz Festival di Belanda.

Rencananya jenazah Tokoh Musisi Jazz Indonesia itu akan di makamkan besok siang, Senin 07 Maret 2016 di TPU Kampung Kandang, kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan, seperti yang dilansir dari bintang.

Selamat jalan Ireng Maulana. Semoga Amal Ibadahmu diterima disisi-Nya.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Ireng Maulana Meninggal dan Akan Dimakamkan Besok di Kampung Kandang". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!