Nasional

Agus Winardi: Muara Enim Ditarget Serap Penerimaan Pajak 103,6 Miliar

MUARA ENIM – Tahun ini, UPTD Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Kabupaten Muara Enim ditarget dapat menyerap Rp103,6 miliar lebih dari berbagai jenis pungutan pajak. Dengan demikian, target ini naik dari tahun sebelumnya sebesar Rp95,4 miliar lebih.

Namun, dari target 103,6 miliar, hingga per 31 Maret 2016 realisasi penerimaan pajak baru 19,2 miliar lebih atau 18,60 persen. Meski begitu UPTD Dispenda Provinsi Sumsel Kabupaten Muara Enim optimis target 103,6 miliar tersebut dapat tercapai. Mengingat, pada tahun sebelumnya beberapa jenis pungutan pajak ada yang lebih dari 100 persen.

“Tahun ini kami tetap yakin realisasi penerimaan pajak bisa capai target. Pada tahun lalu seperti jenis pungutan PKB mencapai 101 persen, dari target Rp46 miliar tercapai Rp47 miliar lebih. Dan yang paling tinggi realisasi dari jenis pungutan PKB alat berat, di mana target Rp506 juta tercapai Rp819 juta atau 161 persen,” ungkap Kepala UPTD Dispenda Muara Enim, Agus Winardi, Rabu (6/4).

Kepala UPTD Dispenda Muara Enim, Agus Winardi
Kepala UPTD Dispenda Muara Enim, Agus Winardi.

Dari jenis pungutan yang ada, dirinya mengklaim penerimaan pajak yang potensial masuk dari sektor usaha, seperti PKN alat berat dan BBN-KB alat berat. “Meski begitu, penerimaan pajak dari jenis pungutan ini tidak bisa selalu sama dari tahun ke tahun. Soalnya, alat berat tersebut tidak selalu menggarap wilayah di Muara Enim, karena alat berat sifatnya mobile (berpindah-pindah, red). Tergantung potensi daerah,” tuturnya.

Terkait target realisasi pajak tersebut, ia menghimbau masyarakat maupun perusahaan-perusahaan untuk taat membayar pajak demi keberlangsung pembangunan daerah. “Semakin tinggi penyerapan pajak maka pembangunan di daerah itu akan cepat berkembang. Sebaliknya pun demikian,” imbuhnya. (amr)

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Agus Winardi: Muara Enim Ditarget Serap Penerimaan Pajak 103,6 Miliar". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!