Kesehatan

Sssssttt! Sekarang, Pria Pun “Wajib” KB

MUARA ENIM – Kepala Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKBPPP) Muara Enim H.M Nazir menilai, jumlah program Keluarga Berencana (KB) pria atau disebuat Medis Operasi Pria (MOP) masih minim.

“Jumlah MOP se-Kabupaten Muara Enim ini masih sangat minim, namun untuk jenis KB lainnya jumlahnya cukup tinggi,”ungkap Nazir, Selasa (19/4).

Hingga kini, KB MOP hanya ada 924 orang. Namun untuk KB jenis suntikan mencapai 35.878 orang, KB jenis suntikan ini tertinggi. Lalu disusul KB jenis Pil sebanyak 29.949 orang dan implan sebanyak 24.997 orang. Sisanya, IUD, kondom, MOW mencapai 102.658.

Menurutnya, minimnya jumlah KB MOP ini lantaran terkendala beberapa faktor di lapangan, diantaranya dalam keluarga istri tidak mengizinkan suaminya untuk ber-KB. Selanjutnya, kurang sadar akan pentingnya KB khusus pria, dan untuk mencabut KB MOP biayanya cukup mahal.

Meski begitu, pihaknya terus berupaya melakukan sosialisasi KB MOP, sehingga jumlah KB aktif khusus pria ini akan terus bertambah. Apalagi, sasaran KB MOP merupakan keluarga yang sudah memiliki anak lebih dari 3 atau 4 orang, namun usianya masih produktif.

Kepala Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKBPPP) Muara Enim H. M Nazir
Kepala Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan
dan Perlindungan Anak (BKBPPP) Muara Enim H. M Nazir

“KB pria yang dikenal MOP ini sangat bermanfaat. Apalagi dalam mensukseskan program KB. Dengan dua anak cukup, tentu kesejahteraan berkeluarga dapat tercapai. Dan lagi, dapat menekan jumlah pertumbuhan penduduk,”jelasnya.

Ditambahkannya, Pemkab Muara Enim terus berupaya menyukseskan program KB dengan metode berbagai macam.

Sehingga masyarakat bisa memilih jenis KB yang diinginkan. Bentuk penghargaannya, Bupati Muara Enim H Muzakir Sai Sohar diberikan penghargaan Satya Lencana Wira Karya Oleh Presiden RI 2015 lalu.

“Kita berharap, pada seluruh masyarakat untuk aktif dalam mengikuti program KB. Apalagi, di usia produktif yang tentu dapat terus menambah jumlah anak jika tidak mengikuti KB,” pungkasnya. (Amr)

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Sssssttt! Sekarang, Pria Pun “Wajib” KB". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!