Nasional

Jakarta Utara Tenggelam 2030, Ahok Mengatakan: Itu Hanya Teori

Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama
Foto Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (merdeka)

JBerita.com – Gubernor DKI Ahok kembali membuat pernyataan kontroversial. Kali ini terkait dengan ucapan Jokowi tentang Jakarta Utara yang akan tenggelam pada 2030. Gubernur yang punya gaya bicara ceplas ceplos ini mengatakan semua itu hanya teori saja.

Jokowi sendiri mengatakan hal itu saat mendatangi rapat terbatas terkait Reklamasi Teluk Jakarta. Pernyataan itu terkait dengan posisi Jakara Utara yang akan ada di bawah permukaan laut pada tahun tersebut di atas.

Ujar Ahok “Ini teori yang masih diperdebatkan. Ada yang mengatakan posisi Jakarta Utara akan ada 1 meter di bawah laut dan ada juga mengatakan akan terus turun. Tidak tau mana teori yang benar”. Pernyataan itu dibuat Ahok di Balai Kota.

Meskipun Ahok menyangkal bahwa Jakarta Utara akan tenggelam pada 2030, pemerintah DKI terus melakukan upaya serius agar hal itu tidak terjadi. Salah satu program yang dilakukan adalah pelarangan pengambilan air tanah.

Program lain adalah pembangunan sebuah tanggul laut yang akan berfungsi sebagai pencegah air pasang berlebih. Tanggul itu sendiri akan dibangun di sisi barat daerah pesisir Jakarta Utara. Pembangunan tangul itu masuk dalam sebuah program yang bernama National Capital Integrated Coastal Development.

“Kita tes dulu dengan membangun tanggul A, tanggul yang lain sedang dipelajari. Kita bisa menarik kesimpulan apakah permukaan Jakarta Utara mengalami penurunan atau tidak. Langkah selanjutnya akan diambil setelah pemantauan dari tanggul A tersebut,” Ungkap Ahok.

Kondisi Jakarta saat banjir menghampiri
Kondisi Jakarta saat banjir menghampiri (viva)

Tak bisa dipungkiri Jakarta Utara memang kerap menjadi korban banjir Mob yang diakibatkan oleh air laut pasang yang berlebih. Pemerintah Jakarta sendiri amat serius menangani permasalahan ini yang tentu saja tak mudah diatasi.

Ungkapan Ahok atas apa yang dinyatakan Jokowi itu hanya sebatas teori tentu saja benar karena kenyataan bahwa Jakarta Utara akan tenggelam memang masih harus menunggu waktu. Namun ini bukan polemik antara Ahok dan Jokowi. Sebagai seorang pemimpin tentu sah-sah saja pendapat Ahok namun yang terpenting adalah langkah nyata telah dilakukan setidaknya untuk mencegah banjir mob sekaligus untuk melihat penurunan permukaan.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Jakarta Utara Tenggelam 2030, Ahok Mengatakan: Itu Hanya Teori". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!