Teknologi

Jangan Lewatkan! Fenomena Alam Ini Terjadi Pada Awal Januari 2016

Fenomena alam akan mengiringi awal tahun ini. Tepatnya pada tanggal 3 hingga 4 Januari 2016 mendatang, akan terjadi hujan meteor pada langit sebelah timur. Jika penasaran dengan fenomena yang jarang terjadi ini, masih ada waktu untuk menyaksikannya pada pukul dua dinihari.

Dilansir dari laman Space, hujan meteor yang disebut Quadrantic ini akan mencapai puncaknya pada tanggal 3 serta 4 Januari. Di setiap jamnya, terdapat sedikitnya empat puluh meteor yang jatuh pada langit di sebelah timur.

Selain hujan meteor ini, masih ada fenomena lain yang juga akan terjadi pada awal Januari. Planet terbesar di tata surya, Jupiter, akan muncul pada tiap petang sekitar pukul setengah dua belas malam pada langit di sebelah timur. Langit akan terlihat begitu indah karena adanya konstelasi bintang dengan warna cerah.

Fenomena Alam berupa hujan meteor di awal tahun 2016
Fenomena Alam berupa hujan meteor di awal tahun 2016. (tribunnews)

Selain di sisi timur, langit pada sisi barat juga akan berhias konstelasi bernama Auriga. Nama ini diambil dari dewa kambing dalam mitologi Yunani kuno. Selain Auriga, konstelasi lainnya yaitu Pleides akan terlihat pula. Selain itu, semua bintang ini akan berkumpul tidak jauh dari arah kepala Taurus.

Jarak yang berdekatan ini tak jarang membuat bintang-bintang tersebut dipanggil dengan nama Tujuh Saudari. Nama ini karena adanya tujuh bintang besar yang terlihat, walau sebenarnya konstelasi terdiri dari ribuan bintang yang berkerumun.

Di pagi hari, kita juga bisa menyaksikan Mars sejak pukul 3 dini hari. Mars akan muncul di sisi tenggara. Bukan hanya Mars, Saturnus serta Venus akan turut terlihat pada pukul 6 pagi hari. Kedua planet ini akan menjadi sangat dekat dan mencapai titik terdekat di tanggal 9 Januari nanti.

Banyaknya fenomena alam yang bisa terlihat dengan mata telanjang tentunya menjadi tontonan tersendiri terutam bagi pecinta astronomi. Penampakan planet-planet lain di tata surya hingga hujan meteor memang bukan fenomena yang bisa terjadi setiap harinya, bahkan bisa dibilang sangat langka. Sehingga adanya fenomena alam ini menjadikannya begitu menarik untuk disaksikan.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Jangan Lewatkan! Fenomena Alam Ini Terjadi Pada Awal Januari 2016". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!