Kesehatan

Ingin Hidup Sehat? Lakukan 5S Dalam Kehidupan Anda

Hidup Sehat
Hidup Sehat.

JAKARTA – Saat seseorang memiliki banyak aktivitas, menjadi hal yang penting untuk tetap sehat agar semua kegiatan bisa dijalankan dengan baik. Agar Anda bisa memiliki tubuh yang sehat untuk pendukung aktivitas yang baik, dokter menyarankan agar selalu berpegang pada 5S.

Samuel Oetoro yang merupakan dokter spesialis gizi klinik di sebuah umah sakit swasta terkenal amat menyarankan agar 5S selalu dijalankan.

Yang dimaksud dengan 5S sendiri adalah makanan sehat, istirahat sehat, lingkungan sehat, berfikir sehat dan juga aktivitas sehat. Bila semua itu digabungkan menjadi satu dan Anda konsisten melakukannya, tak khayal tubuh yang sehat pun akan terbentuk.

“Sebuah kunci sederhana bagi siapapun yang ingin memiliki tubuh yang sehat. Namun sayang banyak orang yang tak bisa melakukannya karena kesibukan,”  ujar Samuel pada sebuah acara di Jakarta.

Yang menjadi poin penting bagi Samuel adalah terbiasa dengan makanan yang sehat. Pola makan yang sehat amat penting bagi seseorang karena hal ini terkait dengan apakah seseorang akan bisa sehat atau tidak.

“Lihat saja apa yang Anda masukkan ke dalam perut di setiap harinya. Apakah makanan yang Anda makan sudah sehat atau belum? apakah asupan yang Anda lakukan sudah cukup gizi atau belum? Makan bukan hanya perkara kenyang yang penting apa yang dimakan sehat untuk tubuh, hindari junk food,” ungkapnya.

Selain hal tersebut di atas, Samuel juga menyarankan agar seseorang terbiasa dengan hidup optimis agar tidak hidup dengan pola stress. Istirahat yang cukup harus dilakukan agar tubuh tetap terjaga metabolismenya dan agar otak juga bisa berfikir jernih,” ungkap sang dokter.

Samuel menyarankan agar seseorang memiliki kualitas tidur yang cukup setidaknya 6 jam dalam sehari untuk tidur malam saja. Untuk aktivitas sehat sendiri, berolahraga menjadi hal yang disarankan Samuel. Setidaknya Anda harus terbiasa dengan aktivitas fisik selama 30 menit per hari. Artinya luangkan waktu untuk melakukan olahraga agar tubuh tetap sehat.

Bila semua elemen dari 5S itu dijalankan dengan baik dan konsisten, Samuel percaya kesehatan tak akan sulit untuk diraih. Tubuh yang sehat, dengan kata lain, akan mudah didapat dengan pola hidup berdasar 5S.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Ingin Hidup Sehat? Lakukan 5S Dalam Kehidupan Anda". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!