Tips dan Trik
Tren

Tips Pesan dan Beli Makanan Via Online Supaya tidak Terpapar Virus Corona

Walaupun Mudah, Pesan Makanan via Online Harus Tetap Waspada

JBerita.com – Dampak pandemi virus corona, Pemerintah memberlakukan darurat kesehatan di Indonesia dan menghimbau masyarakat untuk tetap berada dirumah jika tidak ada kepentingan mendesak. Tujuannya jelas yaitu untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Saat ini, sebanyak 1.528 kasus positif corona yang sudah terkonfirmasi di Indonesia. Korban meninggal sudah mencapai 136 jiwa dan yang sembuh sebanyak 81 orang. Data tersebut merupakan update terbaru dari website informasi covid-19 per 1 April 2020.

Dilemapun muncul. Disatu sisi masyarakat harus menjaga jarak, tetap berada di rumah dan mengurangi interaksi dengan orang lain. Sisi lainnya, mereka harus memenuhi kebutuhan untuk keperluan makan sehari-hari. Sementara untuk memasok bahan makanan untuk di masak, mereka harus keluar menuju ke pasar dan harus berinteraksi dengan orang lain. Bagi daerah yang belum ditetapkan sebagai zona merah copid-19, masyarakat mungkin tidak terlalu khawatir untuk keluar membeli bahan makanan untuk di masak. Sebaliknya, daerah mereka yang sudah ditetapkan sebagai zona merah corona kemungkinan besar merasa takut untuk beraktivitas keluar rumah.

Apalagi bagi mereka yang tidak sempat memasok bahan makanan dan tidak mempunyai keahlian dalam memasak. Memesan atau membeli makanan siap saji secara online adalah satu-satunya solusi untuk memenuhi kebutuhan itu.

Ditengah mewabahnya virus corona, sah-sah saja membeli makanan dan memesannya via online. Namun Anda harus tetap waspada supaya tidak terpapar oleh virus yang telah memakan banyak korban jiwa di dunia ini. Dari 204 negara, kasus positif corona yang terkonfirmasi sudah mencapai 697.244 dengan jumlah kematian mencapai 33.257 jiwa.

Tips Pesan Makanan Online Supaya Terhindar dari Virus Corona Covid 19
Tips Pesan Makanan Online Supaya Terhindar dari Virus Corona Covid 19. (aplikasi grabfood)

Karenanya, Anda harus mendisiplinkan diri sedari dini untuk menghindari tertular virus corona meski tetap berada di rumah. Jaga kesehatan dengan menjaga pola makan yang sehat, lengkap dengan nutrisi, bergizi dan mengandung vitamin.

Andapun harus mengetahui dan menggali semua informasi mengenai covid-19. Salah satunya adalah media dan berapa lama virus corona bisa bertahan. Sebagai informasi, virus ini bisa bertahan di media plastik selama 72 jam. Kemudian media yang terbuat dari besi bisa bertahan selama 48 jam. Pada bahan kertas atau karton virus corona mampu bertahan selama 24 jam dan di media yang terbuat dari tembaga bisa bertahan selama 4 jam. Jadi, sangat penting informasi mengenai karakter virus corona supaya Anda bisa meningkatkan kewaspadaan.

Berikut beberapa tips supaya aman memesan dan membeli makanan via online.

  1. Pastikan tempat Anda memesan makanan higienis dan aman.
  2. Perhatikan kurir atau jasa pengantar makanan yang Anda gunakan.
  3. Jangan kontak langsung dengan kurir pengantar makanan. Jaga jarak adalah salah satu cara mencegah tertular covid-19.
  4. Bila perlu, sediakan tempat supaya kurir pengantar makanan bisa meletakkan makanan tersebut di pekarangan rumah tanpa harus berinteraksi secara langsung.
  5. Siapkan juga uang pas untuk membayar pesanan Anda jika membayar secara langsung dan letakkan ditempat khusus tersebut.
  6. Siapkan tempat atau wadah makanan yang bersih.
  7. Setelah menerima pesanan makanan, pindahkan makanan tanpa menyentuh wadah yang Anda siapkan sebelumnya.
  8. Buang kemasan atau kotak makanan ke kotak sampah dengan segera.
  9. Jangan menyentuh pengangan pintu rumah dan wajah sebelum Anda mencuci tangan.
  10. Cuci tangan Anda dengan benar menggunakan sabun anti bakteri atau cairan pembersih tangan khusus dan siram tangan Anda dengan air mengalir.
  11. Bersihkan permukaan benda di rumah Anda yang bersentuhan langsung dengan kemasan makanan atau semprot dengan cairan desinfektan.

Itulah beberapa tips memesan makanan via online supaya aman untuk menghindari terpapar virus corona.

Saat ini beberapa layanan pengantar kurir sudah menetapkan protokol terkait pandemi covid-19. Pengantar mereka telah dilengkapi dengan alat kesehatan yang sudah memenuhi standar kebersihan pelayanan seperti sarung tangan dan cairan pembersih. Dan walaupun saat ini belum ada bukti yang mendukung penularan covid-19 terkait dengan makanan seperti pernyataan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, namun Anda harus tetap waspada. Semoga bermanfaat.

Topik
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
error: Content is protected !!
Close