Tips dan Trik

Mengapa Ada Tulisan “PERIKSA” di kWH Meter? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Dapatkan Kode Clear Temper Melalui 123 atau Aplikasi PLN Mobile

JBerita.com – Pernah mengalami muncul tulisan “PERIKSA” pada kWH meter prabayar Anda?. Tulisan PERIKSA pada kWH meter prabayar muncul biasanya karena ada perbedaan antara arus listrik yang masuk dan arus listrik yang keluar. Demikian keterangan dari PLN UP3 Palembang melalui laman Instagramnya, (31/10/2022).

Karena adanya perbedaan itu, maka kWH meter menganggap adanya masalah sehingga akan otomatis memberikan peringatan PERIKSA.

Selain itu, ada beberapa poin yang bisa menyebabkan muncul tulisan PERIKSA di kWH meter listrik prabayar. Berikut poin-poin tersebut.

Penyebab Tulisan PERIKSA di kWH Meter

  • Wiring atau Pengawatan kWH meter terbalik.
  • Tutup terminal atau tutup pada kWH meter terbuka.
  • Adanya indikasi gangguan pada instalasi listrik di rumah.
  • Adanya indikasi penyalahgunaan listrik.

Jika hal itu terjadi, bagaimana cara mengatasinya?

Jangan pernah membongkar atau mengotak-atik sendiri kWH meter tersebut. Secepatnya Anda melaporkan kepada petugas PLN terdekat. Atau bisa menghubungi ke nomor 123 untuk mendapatkan informasi, dan petugas bisa memperbaikinya dengan segera.

Untuk kWH meter dengan sistem token listrik atau prabayar, petugas memiliki kode Clear Temper untuk memperbaiki error dengan tulisan PERIKSA yang akan mereka masukkan.

Pertanyaannya, apakah kita bisa mendapatkan kode Clear Temper atau Reset Temper kWH tanpa harus mendatangkan petugas PLN ke rumah?

Cara Mendapatkan Kode Clear Temper

Ada dua alternatif yang bisa Anda lakukan selain mendatangkan petugas PLN kerumah untuk mendapatkan kode clear temper. Pertama, menghubungi call center PLN di nomor 123. Cara kedua adalah membuat laporan pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile yang bisa di download melalui Playstore bagi pengguna Android, atau di App Store bagi pengguna iPhone dan sejenisnya.

Jika Anda menghubungi nomor 123, biasanya Anda akan diminta menjelaskan permasalahan Anda, dan dengan catatan indikasinya bukan kerusakan disisi instalasi listrik rumah. Selanjutnya petugas PLN akan meminta nomor token listrik prabayar Anda. Kemudian mereka akan memberikan kode reset atau clear temper kWH meter berupa angka 20 digit, tentunya setelah mengikuti semua instruksi dari mereka.

Kode reset temper ini selanjutnya dimasukkan seperti Anda memasukkan token listrik. Jika tulisan PERIKSA hilang, artinya tidak ada masalah pada instalasi listrik rumah Anda. Sebaliknya, jika kode clear temper tidak hilang, artinya ada kerusakan atau gangguan pada instalasi listrik rumah.

Jika itu terjadi, sebaiknya datangkan petugas PLN terdekat untuk dilakukan pengecekan pada instalasi listrik rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Melalui
@pln_palembang
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Mengapa Ada Tulisan “PERIKSA” di kWH Meter? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!