Lowongan KerjaTips dan Trik

5 Cara Membuat CV yang Menarik via Online

Banyak Tersedia Template Gratis yang Menarik di Canva

Sorotan Cerita
  • Membuat CV yang menarik secara online salah satunya adalah melalui website Canva. Element lengkap dan banyak template CV gratis yang bisa digunakan.

JBerita.com – Keberadaan Curriculum Vitae (CV) bisa jadi kunci penting untuk berbagai macam keperluan, mulai dari melamar magang hingga kerja. Lantas sekarang ini, sudahkah Anda memahami cara membuat CV yang menarik? Ada banyak contoh CV yang bisa di download di internet dengan format word, wordx hingga pdf.

Tutorial cara membuat CV yang menarik di Word juga banyak. Namun, Anda harus menguasai aplikasi buatan Microsoft tersebut. Jika tidak ingin repot, Anda tinggal download template CV menarik yang menurut Anda bagus kemudian mengeditnya.

Cara Membuat CV Online
Cara Membuat CV Online.

Namun tahukah Anda selain mengedit contoh CV word menggunakan aplikasi MS Office, CV bisa dibuat langsung secara online. Ini lebih mudah dan praktis. Sebab, tersedia ratusan template CV gratis yang menarik. Lalu bagaimana cara membuat CV online? Anda bisa memanfaatkan website yang menyediakan aplikasi membuat CV, salah satunya adalah Canva.

Sebagai aplikasi dengan platform desain yang ramah pengguna, Canva menghadirkan berbagai fitur serta tools yang komplit dan menarik. Semuanya untuk membantu Anda mewujudkan beragam imajinasi dalam otak. Salah satu keunggulannya, antara lain mengemas CV setingkat lebih estetis!

Faktanya, Canva mampu menggabungkan seluruh alat pengeditan dan penerbitan gambar secara optimal. Hal itu ditambah oleh pustaka gambar yang komprehensif.

Keperluan CV tentu akan berbeda-beda, tergantung pemakainya. Mulai dari CV Fresh Graduate untuk keperluan melamar pekerjaan hingga CV profesional. Bidang profesi juga mampu menentukan hal tersebut, semisal pekerja kreatif yang dituntut untuk membuat CV lebih unik.

Lewat segala keunggulan di atas, cara membuat CV yang menarik via online di Canva akan terasa jauh lebih mudah. Praktis, tanpa perlu melewati proses panjang. Sebab, banyak tersedia template bagus dan menarik disana. Agar lebih jelas, ikuti langkahnya di bawah ini.

Daftar Isi Cara Buat CV Online

Cara Membuat CV di Canva Secara Online

  1. Buat CV Online Gratis dengan Memulai Laman Baru

Cara membuat CV di Canva yang pertama adalah membuat laman baru. Ketik “Resume” di kolom Pencarian, tunggu sampai muncul laman kosong yang siap diisi desain.

Buat CV Online Gratis dengan Memulai Laman Baru
Buat CV Online Gratis di Canva dengan Memulai Laman Baru.

Setelah itu, Anda dapat memilih ukuran sesuai kebutuhan. Biasanya, ukuran CV sekitar 8,5 x 11 inci atau setara dengan A4.

Meski begitu, ukuran CV dapat Anda tentukan sendiri berdasarkan keinginan pribadi. Pilih yang sesuai dengan karakter dan tuntutan profesi.

  1. Isi Background Warna

Saat memulai proses pembuatan, seluruh laman akan terlihat blank alias hanya berwarna putih. Jika Anda ingin mengganti warna, klik opsi Background Color di bagian kiri atas.

Isi Background Warna Supaya CV Terlihat Menarik.
Isi Background Warna Supaya CV Terlihat Menarik.

Terdapat pilihan warna yang bisa Anda pilih untuk CV. Tentukan warna yang paling ideal, jangan sampai salah karena hal tersebut bisa menjadi fatal.

Warna latar belakang CV yang terlalu gelap misalnya, dapat membuat mata tak nyaman. Begitu pula ketika kelewat terang. Jadi, pilihlah warna paling ideal dan sedap dipandang.

  1. Masukkan Elemen dalam CV

Cara membuat CV di Canva selanjutnya adalah menambahkan elemen seperti bentuk, garis. Pemilihan elemen kelak dapat menentukan seberapa estetis resume yang Anda ciptakan.

Masukkan Elemen dalam CV
Masukkan Elemen dalam CV.

Beberapa elemen gratis, sementara sisanya berbayar. Hal seperti ini juga harus dipertimbangkan sejak awal agar hasil yang tertuang dalam CV dapat maksimal.

Tanpa elemen, resume bakal terlihat kaku dan polos. Teks dan penjelasan yang ada di dalamnya, harus didukung dengan bentuk-bentuk yang apik dalam Canva.

  1. Tambahkan Teks Kedalam CV

Setelah rampung dengan berbagai macam elemen, ketuk opsi Text. Anda akan melihat sejumlah opsi, baik bentuk font, ketebalan, kemiringan, garis bawah, dan lain-lain.

Tambahkan Teks Kedalam CV
Tambahkan Teks Kedalam CV.

Mulailah dengan membuat header bertuliskan nama Anda serta profesi yang ditekuni sekarang. Setelahnya, isi dengan data diri, kemampuan, hingga pengalaman kerja.

Sebagai tips, tentukan posisi teks dengan seksama. Header boleh berukuran besar, sementara isinya harus proporsional agar lebih seimbang. Jangan terlalu penuh mengisi penjelasan, karena dapat membuat kata per kata didalam CV terlihat sesak.

  1. Sempurnakan Detail, Periksa Kembali CV

Sampai sini, Anda telah menerapkan cara membuat CV di Canva dengan baik. Namun agar lebih optimal, sempurnakan resume tersebut dengan memeriksa kembali setiap elemen dan teks.

Periksa Kembali CV dan Edit Sampai Menarik.
Periksa Kembali CV dan Edit Sampai Menarik.

Pastikan Anda telah memilih warna dengan tepat, menaruh elemen yang sesuai, hingga menuliskan deskripsi secara detail. Jangan lupa simpan gambar jika dirasa sudah lengkap.

Itulah tadi cara membuat CV di Canva secara mudah untuk segala kalangan. Seiring berjalannya waktu, Anda dapat memperbaiki resume tersebut dan menyesuaikan berdasarkan keperluan.

Jika sebelumnya Anda membuat CV untuk Fresh Graduate, selanjutnya contoh CV Fresh Graduate tersebut dapat Anda edit. Anda bisa mengubahnya menjadi CV profesional sesuai keinginan. Selamat mencoba, jika tutorial cara membuat CV yang menarik via online di Canva ini bermanfaat, silahkan dibagikan!

Sumber
Canva
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "5 Cara Membuat CV yang Menarik via Online". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!