OtomotifTips dan Trik

Jangan Salah, Begini Cara Membersihkan Layar LCD Head Unit Mobil

JBerita.com – Head unit dengan layar monitor yang dilengkapi teknologi interface touchscreen harganya semakin bervariasi dan terjangkau. Bahkan produk-produk non-branded asal negeri Panda semakin menarik lantaran harganya yang lebih terjangkau. Sebut saja misalnya head unit mobil Android model terkini dengan fitur dan teknologi canggih.

Namun baik monitor head unit mobil bermerek atau tidak, tetap butuh perawatan agar tampilannya tetap bersih dan tidak mengganggu kenikmatan menonton.

Monitor akan mudah kusam dan mudah rusak jika kurang mendapat perawatan. Gambar kurang tajam dan kusam akibat tumpukan lemak atau minyak dari jari tangan membuat layar menjadi kurang sedap dipandang.

Padahal merawat monitor tidaklah sulit dan hanya membutuhkan waktu sebentar. Peralatannya pun mudah diperoleh, seperti tisu, kuas, dan lap microfiber.

Nah, peralatan yang digunakan mesti disesuaikan dengan jenis kotoran yang menempel di layar monitor. Berikut beberapa tips yang dapat kamu coba untuk membersihkan head unit pada mobil kamu.

Cara Membersihkan Layar LCD Head Unit Mobil

1. Untuk kotoran yang disebabkan menempelnya minyak di monitor, gunakan tisu halus yang agak lembab. Minyak yang terlalu lama menempel di layar dapat merusak lapisan luar monitor.

Ada beberapa kemungkinan datangnya minyak yang bersarang di monitor ini. Misalnya dari jari tangan yang baru saja memegang makanan.

Untuk membersihkan monitor, usap dari kiri ke kanan layar atau sebaliknya dengan lembut. Hindari gerakan dari atas ke bawah atau sebaliknya. Jangan melakukan gerakan memutar-mutar tisu di permukaan layar, karena berpotensi menggoresnya.

2. Kotoran halus di permukaan layar akibat debu bisa dibersihkan menggunakan kain lap microfiber. Lakukan dengan gerakan seperti membersihkan minyak di layar, hindari memutar-mutar, melainkan dari arah atas ke bawah atau sebaliknya.

3. Manfaatkan kuas halus untuk untuk membersihkan kotoran di sudut-sudut monitor. Arahkan kuas ke luar sudut layar dan angkat kotorannya. Lakukan berulang kali sampai benar-benar layar bebas dari kotoran.

4. Untuk fitur-fitur di monitor, bisa gunakan kuas untuk membersihkan debu di sela-sela tombol head unit. Sementara untuk membersikan bagian pinggir monitor atau panelnya, Anda dapat menggunkan tisu atau lap microfiber.
Jika ritual membersihkan layar monitor ini dilakukan sebelum berkendara, perjalanan pun akan lebih nyaman dan menyenangkan.

Perlu diperhatikan:
1. Jangan membasahi tisu saat membersihkan monitor, karena serpihan tisu justru akan menempel di layar.
2. Jangan menggunakan obat atau zat kimia untuk membersihkan kotoran di monitor, karena dapat merusak layar.
3. Jangan pula menyemprotkan air ke layar saat akan membersihkan monitor. Tindakan penyemprotan malah juga bisa merusak layar.
4. Hindari memutar-mutar tisu atau lap microfiber saat membersihkan monitor untuk menghindari goresan di permukaan layar.
5. Hindari memanfaatkan tisu berserat kasar, karena dapat menggores layar. Ketahuilah, bahan monitor layar sentuh berbeda dengan monitor TV tabung.
6. Usahakan untuk memotong kuku jari agar tidak menggores layar monitor saat membersihkannya.

Itulah beberapa cara bagaimana membersihkan layar LCD head unit mobil dengan benar dan aman. Semoga bermanfaat.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Jangan Salah, Begini Cara Membersihkan Layar LCD Head Unit Mobil". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!