Raket

Korea Selatan Juara Ganda Putra di BCA Indonesia Open Super Series Premier 2016

Pasangan Ganda Putra Korea Selatan Lee Yong Dae dan Yoo Yeon Seong
Pasangan Ganda Putra Korea Selatan Lee Yong Dae dan Yoo Yeon Seong. (PBSI)

JAKARTA – Seperti sudah diprediksi sejak awal, Korea Selatan akan mampu menghadirkan satu gelar melalui ganda putra. Adalah Lee Yong Dae dan Yoo Yeon Seong yang menang dalam partai final ganda putra dalam ajang Indonesia Terbuka.

Yang menjadi lawan pasangan Korea di partai final adalah ganda putra Cina yaitu Chai Bao dan Hong Wei. Yong Dae/Yeon Seong merupakan ganda putra peringkat satu dunia dan pada partai final yang dihelat di Istora Senayan, keduanya berhasil menang dalam tiga set. Set pertama pasangan Korea itu kalah 13-21, kemudian dibalas dengan kemenangan pada set kedua 21-13 dan pada partai penentuan, ganda Korea Selatan itu menang dengan skor 21-16.

Kemenangan Yong Dae dan Yeon Seong merupakan satu-satunya gelar yang diraih Korea Selatan pada gelaran Indonesia Terbuka 2016. Sebenarnya ada dua wakil korea di final Indonesia Terbuka, satu lagi adalah ganda campuran melalui Sung Hyun/ Kim Ha Na yang harus puas menjadi peringkat kedua setelah ditahlukkan oleh Xu Chen/Ma Jin.

Untuk pasangan ganda putra Korea ini, gelar pada 1016 merupakan yang kedua kalinya di ajang Indonesia Terbuka Super Series karena pada tahun 2014, keduanya juga berhasil menjadi pemuncak di turnamen in.

Namun untuk Lee Yong Dae, ini adalah gelar keempatnya di Indonesia terbuka karena sebelum berpasangan dengan Yeon Seong, ia juga pernah menjadi juara dua kali saat berpasangan dengan Jung Jae Sung. Kedua gelar itu diraih pada 2009 dan juga 2012.

Ini berarti dominasi ganda putra di Indonesia Terbuka diperlihatkan oleh Korea Selatan karena kerapnya pemain mereka menjadi pemenng. Dalam lima tahun ini saja, sudah empat kali menjadi juara di nomor ganda putra.

Nah, tentu saja apa yang diraih Korea Selatan pada ajang ini seharusnya ditiru oleh tim Indonesia yang sama sekali tak bisa menempatkan wakilnya di partai Final. Tahun lalu pun Indonesia mengalami hal yang sama. Bila tidak ada evaluasi yang mendalam, Indonesia akan terus tertinggal di ranah bulu tangkis dunia.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Korea Selatan Juara Ganda Putra di BCA Indonesia Open Super Series Premier 2016". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!