Ekonomi Bisnis

Skymind dan Huawei Cloud Jalin Kerjasama Pengembangan Pusat Inovasi Cloud dan Teknologi Kecerdasan Buatan (AI)

JBerita.com – Skymind AI Berhad, unit bisnis Skymind di Asia Tenggara, dan Huawei Technologies (M) Sdn Bhd, jalin kerjasama lewat Nota Kesepahaman (MoU) untuk mengembangkan Pusat Inovasi Cloud dan Teknologi Kecerdasan Buatan (AI). Fasilitas ini didirikan untuk mengembangkan inovasi dan SDM di ASEAN, segera dimulai di Malaysia dan Indonesia.

MoU ini diteken Shawn Tan, CEO, Skymind AI Limited dan Lim Chee Siong, Vice President, Huawei Cloud, Pasifik Selatan. Kesepakatan ini akan menghasilkan kolaborasi antara kedua perusahaan untuk membangun ekosistem AI yang piawai, termasuk infrastruktur dan pengembangan SDM di kawasan tersebut. Kerja sama tersebut juga ingin meningkatkan perkembangan ekonomi digital di wilayah setempat. Skymind dan HUAWEI CLOUD kelak mengembangkan program pelatihan AI demi menambah jumlah SDM berbakat lewat peningkatan keahlian TIK.

Menanggapi kemitraan ini, Shawn berkata, “Kami gembira untuk meresmikan kemitraan yang penuh terobosan antara Skymind dan Huawei. Gabungan keahlian dan kapasitas teknik dari kedua perusahaan akan menjadi dasar yang baik untuk menempatkan Asia Tenggara sebagai pusat inovasi AI. Kolaborasi ini juga menjadi momen yang tepat bagi Skywind, sejalan dengan langkah kami untuk melanjutkan ekspansi internasional. Kami tengah mengembangkan jangkauan yang baik di Asia Tenggara, dan MoU tersebut menjadi langkah penting untuk memperkuat kehadiran kami di Asia.”

Sebagai bagian dari kerja sama, kedua perusahaan akan membentuk kelompok kerja guna mengembangkan inovasi kota canggih (smart city). Pembentukan kelompok kerja ini kelak menyediakan keahlian strategis dan teknis. Selanjutnya, kemitraan Skymind dan Huawei segera dimulai di Indonesia, serta tiga negara bagian di Malaysia — Penang, Kedah dan Johor.

Acara Penandatanganan MoU antara Skymind dan Huawei
Acara Penandatanganan MoU antara Skymind dan Huawei. (foto: Huawei)

Lim Chee Siong, Vice President Huawei Cloud, Pasifik Selatan, bilang, “HUAWEI CLOUD menyediakan platform komputasi yang piawai dan platform pengembangan yang mudah digunakan. Kedua platform mendukung strategi full-stack AI dari Huawei dengan seluruh skenario. Lewat kemitraan ini, kami menginginkan Huawei Cloud dan AI tampil sebagai pendukung yang membina ekosistem Pengembang AI di wilayah lokal, serta membina kolaborasi bersama pihak pengembang, mitra, universitas, dan lembaga riset. Tujuan akhirnya ialah menghasilkan AI yang lebih inklusif. Lebih lagi, Huawei Cloud dan AI, bersama teknologi 5G, kelak mewujudkan masa depan komputasi dan kecanggihan yang digunakan di segala hal. Dengan demikian, pengalaman digital yang terbaik hadir lebih awal, menuju Digital Malaysia.”

Tentang Skymind AI Berhad

Skymind ialah perusahaan enterprise AI yang menawarkan open-core machine-learning platform, dukungan komersial, serta pelatihan untuk menerapkan berbagai solusi AI yang mutakhir. Berkantor pusat di San Francisco, Skymind melayani lusinan perusahaan yang terdaftar dalam peringkat Fortune 500. Sejumlah perusahaan tersebut memakai perangkat lunak Skymind untuk mengubah big data stack menjadi AI stack. Eclipse Deeplearning4j dari Skymind paling banyak digunakan sebagai kerangka AI untuk Java dan Scala, serta memfasilitasi komunitas ilmu data Python serta perangkat big data seperti Spark dan Kafka.

Tentang HUAWEI CLOUD

HUAWEI CLOUD ialah merek cloud andalan Huawei. HUAWEI CLOUD berpengalaman selama lebih dari 30 tahun dalam berbagai produk dan solusi infrastruktur TIK sebagai satu paket. Dengan demikian, para pelanggan bisa membangun apa yang dibutuhkan secara mudah. HUAWEI CLOUD berkomitmen untuk menyediakan berbagai layanan cloud yang stabil, aman, andal, dan berkelanjutan. Layanan-layanan cloud ini membantu para pelaku usaha dari beragam skala sehingga mereka mampu berkembang di era yang canggih. Guna melengkapi portofolio layanannya, HUAWEI CLOUD ingin mewujudkan AI yang inklusif, dilengkapi berbagai fitur AI yang terjangkau, efektif, serta andal untuk semua orang. (source)

Baca juga: J&T Express Gunakan Huawei Cloud untuk Mengoptimalkan Layanan TI Lintas Negara.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi Huawei Cloud di: https://intl.huaweicloud.com/en-us/

Topik
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
error: Content is protected !!
Close