Ekonomi Bisnis

Hasil Survei YPO: Dampak Bisnis yang Ditimbulkan oleh Wabah Corona COVID-19

JBerita.com – Lebih dari 2.750 pemimpin perusahaan dunia (YPO) memberikan pandangannya tentang dampak bisnis yang ditimbulkan oleh wabah virus Corona (COVID-19). YPO, komunitas kepemimpinan global yang terdiri atas lebih dari 29.000 pemimpin perusahaan (chief executive) di 130 negara, mengadakan survei yang melibatkan seluruh anggotanya. Survei ini ingin mendapatkan gambaran tentang dampak bisnis COVID-19, serta mencermati tindakan yang diambil para pemimpin perusahaan akibat realitas bisnis baru tersebut.

Survei Pemimpin Perusahaan Global YPO (YPO Chief Executive Global Survey) terbaru, diadakan dari 10-13 Maret 2020 dan melibatkan lebih dari 2.750 responden, mengungkapkan dampak negatif COVID-19 yang dialami sebagian besar pemimpin perusahaan, setidaknya terhadap satu aspek dalam kegiatan bisnisnya. Lebih lagi, survei ini menunjukkan, semakin banyak pemimpin perusahaan yang memprediksi kondisi yang memburuk dalam enam bulan ke depan sebelum pemulihan berlangsung. Sejumlah temuan penting lainnya:

  • Perjalanan bisnis (87%), pengembangan bisnis baru (62%), dan pendapatan (58%) menjadi tiga aspek penting yang paling terimbas COVID-19, menurut sebagian besar pemimpin perusahaan.
  • Hampir seluruh pemimpin bisnis (82%) memperkirakan penurunan pendapatan selama enam bulan ke depan. Namun, satu tahun dari sekarang, lebih dari setengahnya (54%) memprediksi, COVID-19 tidak akan berdampak negatif terhadap pendapatan perusahaan.
  • Sebanyak 95% pemimpin perusahaan menindaklanjuti COVID-19. Mereka lebih rutin berkomunikasi dengan para pegawai (68%), menjalankan standar kesehatan dan keselamatan kerja yang baru (67%), membatalkan acara-acara penting (64%), serta menghentikan perjalanan bisnis (53%).
  • Saat dimintai saran untuk rekan-rekan pemimpin perusahaan lainnya, para responden menganjurkan agar tetap tenang, berfokus pada fakta, terus berkomunikasi secara rutin dengan para pegawai dan pemangku kepentingan yang penting, mengantisipasi dan merencanakan kegiatan usaha dalam jangka pendek dan panjang, serta menstabilisasikan rantai pasokan.
Hasil Survei Dampak Bisnis Akibat Virus Corona Covid 19
Hasil Survei Dampak Bisnis Akibat Virus Corona Covid 19.

 

Metodologi Survei Pemimpin Perusahaan Global YPO tentang Dampak Bisnis COVID-19

Survei Pemimpin Perusahaan Global YPO tentang Dampak Bisnis COVID-19 berlangsung dari 10-13 Maret 2020 lewat kuesioner daring. Sebanyak 2.754 anggota YPO merespons survei tersebut. Anggota-anggota dalam sampel survei mewakili populasi YPO yang lebih luas. Para responden berasal dari 110 negara, dan berusia 25-93 tahun. Sekitar setengah dari responden berada di Amerika Serikat. Margin kesalahan pada sampel tercatat sebesar plus atau minus 1,8 poin persentase dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Source (YPO).

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Hasil Survei YPO: Dampak Bisnis yang Ditimbulkan oleh Wabah Corona COVID-19". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!