Ekonomi Bisnis

Harga BBM Pertalite Bisa Turun Mengikuti Harga Pertamax

Mengikuti Penyesuaian Harga Produk Bahan Bakar Minyak

JBerita.com, Jakarta – Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax hari ini mengalami penurunan. Lantas bagaimana dengan harga Pertalite, solar dan BBM lainnya, apakah juga mengalami penurunan?

Seperti yang diketahui, perhari ini Sabtu(1/10/2022) Pertamina melakukan penyesuaian dengan menurunkan harga Pertamax (Ron 92) dan Pertamax Turbo (RON 98). Untuk Pertamax, harganya disesuaikan menjadi Rp13.900. Sedangkan harga Pertamax Turbo turun menjadi Rp14.950.

Penyesuaian harga BBM ini dilakukan secara berkala setiap bulannya, demikian menurut keterangan Irto Ginting selaku Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga melalui siaran pers Pertamina.

“Evaluasi dan penyesuaian harga untuk BBM non subsidi akan terus kami lakukan secara berkala setiap bulannya. Berdasarkan perhitungan, pada periode September lalu untuk produk gasoline yakni Pertamax Series mengalami penyesuaian turun harga,” terang Irto.

Masih menurutnya, penyesuaian harga Pertamax ini sudah sesuai dengan penetapan harga yang diatur dalam Kepmen ESDM No. 62/K/12/MEM/2020 tentang formulasi harga JBU atau BBM non subsidi.

Lantas bagaimana dengan harga BBM non subsidi Pertalite?

Ditempat terpisah, Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira memberikan penjelasan mengenai tren penurunan minyak mentah dunia. Menurutnya, ini bisa menjadi sinyal bagi pemerintah untuk menurunkan kembali harga Pertalite.

Langkah tersebut harus dilakukan mengingat tidak adil jika hanya menurunkan harga Pertamax saja, sementara harga minyak dunia mengalami penurunan.

“Ada kemungkinan Pertalite diturunkan lagi. Paling tidak di bawah Rp7.650 per liter atau kembali ke level Rp7.650 per liter,” kata Bhima.

Sumber
Pertamina
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Harga BBM Pertalite Bisa Turun Mengikuti Harga Pertamax". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!