OtomotifTips dan Trik

Cara Menghilangkan Noda Bekas Stiker di Mobil

JBerita.com – Terkadang pemilik mobil kesal dengan bekas tempelan stiker yang masih tersisa dan bahkan menyisakan noda kotor dibagian mobil. Membuat eksterior mobil yang semula bersih menjadi tak sedap dipandang mata.

Nah, jika masalah kecil ini terjadi pada kamu, jangan khawatir, karena ada solusi dan cara sederhana untuk menghilangkan bekas tempelan stiker tanpa meninggalkan noda kotor pada bodi mobil.

Menghilangkan Noda Bekas Stiker yang Baru Dipasang

Jika stiker yang sebelumnya diperuntukkan memperindah mobil ini menempel tidak terlalu lama di kedaraan, cara membersihkannya cukup mudah, yakni dengan sabun atau deterjen khusus mobil.

Biasanya, dengan mencucinya dengan deterjen, noda bekas stiker akan lepas. Namun jika dengan deterjen tidak bisa, coba gunakan minyak kayu putih.

Caranya, gosokkan minyak kayu putih dengan menggunakan lap kain katun pada objek bekas stiker yang menempel hingga nodanya hilang. Jika noda bekas stiker ada di kaca, gunakan kain mikrofiber yang permukaannya lembut.

Baca: Cara Membersihkan Mesin Mobil Sendiri

Menghilangkan Noda Bekas Stiker yang Sudah Lama Terpasang

Berbeda dengan cara pertama, untuk stiker yang sudah lama terpasang bekas nodanya cukup sulit untuk dibersihkan.

Biasanya jika stiker sudah menempel lebih dari enam bulan di permukaan kaca akan meninggalkan bekas noda yang lengket dan sulit untuk di bersihkan.

Bahkan, pada bagian bodi mobil dapat mengangkat lapisan clear coat pada cat ketika stiker di cabut. Karenanya, untuk menghilangkannya gunakanlah kompon.

Langkah pertama pilih jenis kompon yang memang diperuntukkan khusus untuk bodi mobil. Karena sifat kompon abrasi, dimana mudah merusak tekstur cat bodi maka perlu sikap kehati-hatian.

Kemudian sebelum permukaan bekas stiker digosok dengan kompon sebaiknya pastikan dulu kondisi ketebalan cat di bodi.

Oleskan kompon kepermukaan bekas stiker. Untuk amannya, gosok pakai kain lap mikrofiber agar tidak mengikis cat sehingga dapat mengurangi pengikisan pada ketebalan cat, atau menggosok dengan menggunakan lap katun, namun sesekali saja, jangan dilakukan berulang.

Baca juga: Cara Membersihkan Layar Head Unit Mobil

Pada proses penggosokan jangan terlalu dipaksakan, lakukan secara perlahan dan sehalus mungkin. Sedangkan untuk kaca mobil, prosesnya juga sama, namun sebaiknya gunakan kain mikrofiber dalam menggosoknya.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Cara Menghilangkan Noda Bekas Stiker di Mobil". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!