Software & Aplikasi HP

iOS 18 Kini Beri Peringatan Jika Menggunakan Pengisi Daya Lambat

JBerita.com – Banyak orang beranggapan bahwa pengisian cepat dapat merusak umur baterai secara drastis, tetapi sebenarnya pengaruhnya hanya sedikit saja. Jika sudah membeli ponsel pintar mahal tetapi tidak ingin memanfaatkan fitur menarik, kenapa membeli?

Berdasarkan pemantauan, hal ini sering terjadi di kalangan pengguna iPhone, terutama yang sering khawatir dengan persentase kesehatan baterai. Nantinya, Anda pasti akan menggunakan pengisian cepat karena Apple mulai memberikan peringatan jika iPhone diisi daya dengan lambat.

Dalam iOS 18 Developer Beta 1, seorang pengguna Reddit menerima peringatan pada bagian pengaturan baterai iPhone-nya yang menampilkan peringatan “Slow Charger” saat menggunakan pengisi daya 5W pada iPhone 15 Pro Max. Terdapat tautan khusus ke situs Apple Support tetapi artikelnya masih belum diterbitkan, jadi alasan sebenarnya mengapa peringatan ini ditampilkan masih belum jelas.

Sejak iPhone 8, meskipun Apple masih memberikan pengisi daya 5W, semua iPhone sudah mulai mendukung pengisian cepat Power Delivery dari 18W hingga 27W. Teknologi pengisian cepat saat ini sudah cerdas dalam mengelola panas saat pengisian, aliran listrik, dan juga chip yang menghentikan pengisian. Pengisian yang sangat lambat pun dapat menyebabkan perangkat memanas dan menimbulkan kerusakan yang tidak diinginkan.

Solusi terbaik adalah pertama, jangan gunakan kabel USB-A ke USB-C/Lightning, melainkan gunakan USB-C ke USB-C/Lightning bersama pengisi daya USB-C yang mendukung PD/GaN/MFi. Juga hindari pengisian melalui laptop kecuali jika laptop tersebut memiliki fitur power bank bawaan. Mari kita tunggu pembaruan dari Apple Support untuk mengetahui lebih lanjut tentang hal ini.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "iOS 18 Kini Beri Peringatan Jika Menggunakan Pengisi Daya Lambat". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!