Internasional

Donald Trump Jadi Presiden Baru Amerika Ungguli Hillary Clinton

JBerita.com, NEW YORK – Donald Trump dipastikan menjadi Presiden Amerika yang baru setelah mengungguli pesaingnya Hillary Clinton. Kepastian itu didapat setelah Trump mendapat 270 electoral vote dari hasil perhitungan sementara hari ini, Rabu (09-11-2016).

Meski perhitungan belum usai, namun capaian 270 electoral vote yang diraih oleh Donald Trump memastikan Ia memenangi pertarungan Pilpres Amerika 2016.

Donald Trump - Presiden Amerika Serikat Ke-45
Presiden Amerika Serikat Ke-45 Donald Trump. (businessinsider)

Sebagai informasi, jumlah total electoral vote adalah 538. Itu artinya calon Presiden US ke-45 yang sudah mencapai 270 electoral vote dipastikan menjadi pemenang.

Mengutip dari laman CNN hari ini, Trump menang di sejumlah negara bagian seperti di Texas, Florida, Pennsylvania, Ohio, Georgia, dan North Carolina. Beberapa negara bagian yang berada di tengah-tengah AS juga memberikan sumbangan suara bagi Trump.

Sementara Hillary Clinton menang di Illionis, New York, California, Virginia, Colorado, Virginia, New Jersey, New Mexico, Washington dan Oregon.

Setelah memastikan mendapat 270 electoral vote, jutaan pendukung Trump bersorak gembira menyambut kemenangan itu. Sedangkan pendukung Hillary telah membubarkan diri dari lokasi yang semula dirancang menjadi tempat perayaan kemenangan.

Dalam pidato kemenangannya, Donald Trump berjanji akan menjadi Presiden bagi semua warga AS.

“Saya berjanji pada semua warga negara di tanah air kita bahwa saya akan menjadi presiden bagi semua warga Amerika,” ungkap Trump, disambut sorak sorai pendukungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Trump juga memuji rivalnya, Hillary Clinton atas dedikasinya pada publik selama bertahun-tahun.

“Hillary sudah bekerja cukup lama dan sangat keras. Kita harus banyak berterima kasih untuk jasanya pada negara kita,” lanjut Trump.

Topik
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

DISKUSI dan KOMENTAR

Back to top button
error: Content is protected !!
Close