Tips dan Trik
Tren

Begini Mekanisme dan Cara Mendapatkan Token Listrik PLN Gratis Selama 3 Bulan

Ada Dua Cara untuk Mendapatkan Token Listrik 450 VA dengan Gratis

JBerita.com – Masih banyak masyarakat awam yang bingung bagaimana cara mendapatkan token listrik PLN dengan gratis 3 bulan kedepan. Bahkan, masih ada yang menganggap informasi ini adalah berita hoax. Padahal kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Jokowi sepenunya akan dilaksanakan oleh PLN.

Pihak PLN melalui siaran pers mendukung langkah pemerintah menggratiskan tagihan listrik PLN dengan daya 450 VA dan memberikan potongan harga hingga 50 persen bagi pelanggan PLN dengan daya 900 VA. Bagi pelanggan PLN pascabayar alias tanpa token, mekanisme pembayaran tagihan listrik sudah jelas yaitu:

Mekanisme untuk pelanggan PLN Pascabayar (tanpa token).

Untuk pelanggan PLN pascabayar dengan daya 450 VA mereka tidak perlu membayar tagihan listrik mulai bulan April, Mei, dan bulan Juni 2020. Sedangkan bagi pelanggan pascabayar dengan daya listrik 900 VA hanya membayar tagihan listrik setengah dari jumlah tagihan mereka pada bulan tersebut.

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis
Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis. (pln.co.id)

Lalu bagaimana mekanisme dan cara mendapatkan token listrik gratis bagi pelanggan PLN Prabayar 450 VA dan potongan 50 persen bagi pelanggan 900 VA?

Mekanisme untuk pelanggan PLN Prabayar (token)

Bagi pelanggan PLN prabayar alias menggunakan token, mekanisme untuk mendapatkan keringanan tagihan listrik akibat dampak pandemi covid-19 adalah sebagai berikut:

Token listrik gratis 450 VA

Mekanisme mendapatkan token listrik gratis bagi pelanggan PLN prabayar dengan daya 450 VA adalah dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

PLN sudah menyimpan profil atau database setiap pelanggan yang menggunakan token listrik. Setiap bulan pemakaian listrik (kWh) berbeda-beda. Profil pemakaian listrik pelanggan akan dilihat berapa mereka membeli kWh maksimum dalam bulan Januari, Februari, dan Maret 2020. Nantinya token listrik gratis sebesar kWh pemakaian maksimal tersebut akan diberikan PLN setiap bulannya, selama 3 bulan, demikian keterangan dari Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana dalam video conference kemarin (1-04-2020).

Token listrik diskon 50 persen 900 VA

Sedangkan mekanisme diskon 50 persen token listrik bagi pelanggan PLN prabayar 900 VA adalah hampir sama seperti pelanggan dengan token listrik 450 VA prabayar. Namun tidak gratis, mereka hanya mendapat voucher potongan sebesar 50 persen dari pemakaian maksimum dalam 3 bulan belakang. Nah, bagaimana cara mendapatkan token listrik gratis dan keringanan tarif listrik bagi pelanggan 450 VA dan 900 VA?.

Ada dua cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan token listrik gratis dan diskon tarif listrik 50 persen.

Cara pertama melalui website resmi PLN yaitu:

  1. Kunjungi dan akses website resmi PLN di www.pln.co.id,
  2. Pilih menu pelanggan,
  3. Pilih Stimulus Covid-19 (atau akses langsung laman Stimulus Covid-19 PLN disini,
  4. Masukkan ID Pelanggan / Nomor Meter,
  5. Token listrik PLN gratis / diskon tarif listrik akan terlihat.
  6. Token listrik gratis atau diskon tarif listrik ini kemudian dimasukkan ke kWh meter (meteran listrik) sesuai dengan ID pelanggan, sama halnya memasukkan token listrik seperti biasa.

Cara kedua untuk mendapatkan token listrik gratis dan diskon tarif listrik adalah menggunakan aplikasi WhatsApp yaitu:

  1. Masukkan dan tambahkan terlebih dahulu no 08122123123 ke kontak ponsel Anda,
  2. Kemudian buka aplikasi WhatsApp,
  3. Chat ke nomor 08122123123,
  4. Akan ada info, salah satunya adalah memasukkan ID Pelanggan,
  5. Setelah mengirim ID pelanggan, nomor token PLN gratis atau diskon tarif listrik akan Anda terima,
  6. Anda tinggal memasukkan kode token listrik gratis / diskon tarif listrik ini ke kWh meter (meteran listrik) sesuai dengan ID pelanggan Anda.

Sebagai informasi, proses pembagian token listrik gratis dan diskon tarif listrik ini bertahap. Sudah dimulai pada tanggal 1 April. Paling lambat tanggal 11 April 2020 seluruh pelanggan PLN 450 VA dan 900 VA sudah bisa menikmati program ini, demikian terang Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka, hari ini Kamis (2-4-2020).

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi mengumumkan langsung Status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dan menerapkan kebijakan yaitu pembatasan sosial skala besar (PSBB) akibat pandemi corona virus 2 (SARS-CoV-2) atau COVID-19. Salah satu poin dalam kebijakan tersebut mengenai tarif listrik 450 VA gratis dan 900 VA diskon 50 persen selama 3 bulan kedepan.

Topik
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
error: Content is protected !!
Close