Internasional

Ini Kronologi Serangan Teror Di Paris

Sekelompok orang bersenjata otomatis dan membawa bom meneror sejumlah lokasi di Paris, Prancis pada Jumat 13 November malam waktu setempat. Mereka melakukan teror dengan memilih tempat-tempat keramaian seperti di bar, restoran, stadion sepak bola dan gedung konser.

Teror yang terjadi di Paris tersebut diklaim dilancarkan oleh kelompok militan ISIS. Dilaporkan jika aksi penembakan dan pengeboman tersebut telah melukai sebanyak 352 orang, 99 orang dalam keadaan kritis dan 129 lainnya dilaporkan telah tewas ditempat kejadian.

Kronologi Lengkap Teror Paris
Teror Di Paris, Prancis. (Reuters)

Seperti apa kronologi serangan teror di Paris yang sangat mengerikan itu, berikut kronologinya seperti yang di ungkapkan oleh Jaksa Prancis Francois Molins kepada Reuters.

Hari Jum’at, 13 November 2015.

Pukul 21.20

Pelaku bom bunuh diri meledakkan bom di stadium Stade de France, tepatnya di dekat pintu masuk stadion itu. Untungnya, Presiden Prancis dan Menteri Luar Negeri Jerman yang sedang menyaksikan pertandingan persahabatan antara Timnas Prancis dan Jerman itu tidak mengalami kejadian yang buruk. Diketahui ledakan terjadi sesaat setelah peluit babak terakhir di tiup oleh wasit yang memimpin laga persahabatan tersebut. Sebanyak 36 orang tewas termasuk pelaku bom bunuh diri tersebut.

Pukul 21.25

15 orang dilaporkan tewas dan 10 lainnya mengalami luka-luka saat sekelompok orang bersenjata menembakkan peluru ke arah warga sipil yang tengah bersantai di restoran the Petit Cambodge dan teras bar Le Carillon yang terletak di persimpangan jalan rue Alibert dan rue Bichat.

Pukul 21.30

Bom kedua meledak di luar stadion the Stade de France dan menewaskan sang pelaku.

Pukul 21.32

Setidaknya 5 orang tewas dan 8 orang lainnya mengalami luka-luka setelah sekelompok pria bersenjata otomatis menghaburkan peluru kearah kerumunan warga di luar bar A La Bonne Biere yang terletak di persimpangan jalan rue Faubourg du Temple dan rue Fontaine au Roi.

Pukul 21.36

Segerombolan pria bersenjata menembaki warga yang sedang berada di restoran La Belle Equipe yang berada di dekat Jalan rue de Charonne. Dalam teror ini 19 orang warga dilaporkan tewas.

Pukul 21.40

Bom bunuh diri meledak di Restoran Le Comptoir Voltaire yang terletak di Boulevard Voltaire. 1 orang terluka parah dan pelaku bom tewas.

Pukul 21.40

Satu unit mobil mendadak berhenti di lokasi konser Bataclan. Didalamnya terdapat sekelompok pria bersenjata kemudian keluar dan memaksa masuk kedalam teater dan lansung memberondongkan senjata mereka kearah penonton. Dilaporkan puluhan orang luka-luka dan sebanyak 89 tewas. Dalam teater itu sendiri sedang berlangsung konser the Eagles of Death Metal rock group.

Pukul 21:53

Bom bunuh diri ketiga meledak di dekat stadion the Stade de France.

Hari Sabtu, 14 November 2015.

00.20

Pasukan keamanan Prancis tiba dilokasi kejadian. Mereka menyerbu Bataclan concert hall untuk membebaskan sejumlah sandera dan melumpuhkan pelaku aksi teror disana. Dilaporkan tiga teroris berhasil diamankan, satu ditembak mati sementara dua orang lainnya melakukan bunuh diri dengan cara meledakkan bom yang dibawa bersama mereka.

Teror Paris Friday The 13th Day ini membawa duka yang sangat mendalam. Tak hanya bagi warga Prancis namun juga warga di seluruh dunia. Semua mengutuk serangan dan aksi biadab yang dilakukan oleh kelompok militan ISIS tersebut.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Ini Kronologi Serangan Teror Di Paris". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!