Ekonomi Bisnis

Oppo Berhasil Menggeser Xiaomi Untuk Penjualan Ponsel Pintar Di Dunia

OPPO vs Xiaomi
OPPO Geser Xioami di Peringkat Keempat Penjualan Smartphone Terbanyak di Dunia.

JBerita.com – Vendor ponsel pintar asal Cina Oppo berhasil melakukan gebrakan di tahun 2016 ini. Hanya pada kuartal pertama 2016 saja merek ini berhasil menjadi peringkat empat terbesar di dunia, menyalip capaian vendor senegaranya yaitu Xiaomi.

Apa yang telah dicapai Oppo itu disampaikan oleh sebuah lembaga Riset ternama Gartner. Detailnya adalah Oppo berhasil menjual ponsel sebanyak 16 juta unit di kuartal pertama, tepatnya pada rentang Januari hingga maret tahun ini.

Sementara Xiaomi sendiri kalah tipis dengan memperoleh penjualan sebanyak 15 juta unit di kuartal pertama tahun yang sama.

Capaian Oppo ini tentu saja patut diapreasiasi karena pesaingnya bahkan susah menembus pertumbuhan yang siginfikan di pasar ponsel pintar. Yang menjadi peringkat pertama masih Samsung dan Apple ada di peringkat kedua. Apple sendiri  mengalami penurunan sehingga bisa disalip oleh vendor asal Korea itu.

Dengan keberhasilan Oppo meraih penjualan sebanyak 16 juta, itu berarti pangsa pasarnya naik karena pada kuartal tahun lalu yang mencapai 2 persen saja sementara pada kuartal tahun ini 4,6 persen telah berhasil dicapai.

Hal yang terbalik terjadi pada Xiaomi yang mengalami penurunan pangsa pasar. Tahun lalu pada kuarta pertama, vendor asal China ini berhasil menguasai 4,4 persen sementara pada tahun ini hanya 4,3 persen.

Berikut ini adalah beberapa data penjualan ponsel pintar dari berbagai merek. Samsung menguasai penjualan ponsel pintar dunia karena mendapatkan 23,2 persen pangsa pasar sementara Apple ada di urutan kedua dengan 14,8 persen. Sementara Huawei ada di urutan ketiga dengan 8,3 persen pangsa pasar dunia dan di urutan berikutnya adalah Oppo dan Xiaomi dengan 4,6 dan 4,3 persen masing-masing.

Tentu saja posisi itu akan bisa berubah karena persaingan di masa yang akan datang akan semakin kompetitif. Namun bisa diprediksi Samsung masih menjadi pemimpin karena menawarkan inovasi yang lebih dan terlanjur mempunyai branding yang kuat di pasaran. Namun semua hal bisa saja terjadi. Patut kita nantikan merek apa yang bisa memberikan hal terbaik sehingga penjualan semakin meningkat.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Oppo Berhasil Menggeser Xiaomi Untuk Penjualan Ponsel Pintar Di Dunia". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!